26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

70 Persen Pria Disfungsi Ereksi Sembuh

70 Persen Pria Disfungsi Ereksi SembuhFiqhislam.com - Metode terbaru dalam pengobatan disfungsi ereksi (DE) melalui low intensity extracorporeal shockwave therapy (LI-ESWT) terbukti menghasilkan respon positif. Dalam dua penelitian di 2010, sebanyak 70 persen pasien merespon dengan baik dan mampu melakukan ereksi secara spontan tanpa bantuan obat.

Dr dr Nur Rasyid, spesialis urologi menjelaskan bahwa pada 2010, diadakan penelitian ESWT yang melibatkan pasien pria yang merespon baik obat oral PDE-5i. Setelah menjalani ESWT selama 9 minggu, sekitar 70 persennya merespon dengan baik bahkan 50 persennya mampu kembali ereksi seperti biasanya.

Kemudian penelitian dilanjutkan dengan acak yakni sebagian dengan penembakan gelombang asli dan sebagian dengan penembakan palsu tanpa diketahui pasien. Didapati pria yang meminum obat oral 70 persennya mampu kembali ereksi. Pada yang tidak mampu merespon obat oral pun, 30 persennya mampu ereksi tanpa obat dan 40 persen ereksi dengan obat oral.

"Namun memang ada beberapa efek samping dalam pengobatan ini, tapi masih dalam tingkat yang mudah diatasi," kata Dr Ponco Birowo. Di antaranya pipi panas akibat pertumbuhan pembuluh darah baru, melihat adanya cahaya biru di mata, dan nyeri punggung. [yy/metrotvnews.com]