30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Tumor Paru Bisa Sembuh dengan Obat Tradisional?

Tumor Paru Bisa Sembuh dengan Obat Tradisional?Fiqhislam.com - Tumor paru  seringkali sifatnya ganas, sehingga disebut Kanker Paru. Pengobatan kanker paru tergantung jenis sel kankernya dan stadiumnya (jenis kanker paru sel kecil (Small Cell Lung Cancer dan jenis Kanker Paru Sel Besar/ Non Small Cell Lung Cancer).

Jenis stadiumnya mulai dari stadium 1 sampai stadium 4. Pengobatan kanker paru yang konvensional ada 3, yaitu operasi, kemoterapi dan radioterapi atau kombinasi dari ketiga pilihan tersebut. Tidak semua Kanker Paru harus dioperasi dengan mengangkat tumornya, karena Kanker Paru stadium lanjut tidak akan dioperasi, tapi diberikan pilihan pengobatan lain sesuai dengan jenis sel dan stadium nya.

Sampai saat ini saya belum pernah membaca tentang pengobatan kanker paru hanya dengan cara tradisional saja, bisa sembuh. Namun kanker paru dengan pengobatan cara di atas (terutama pada stadium dini) dapat disembuhkan.

Saat ini pengobatan kanker paru konvensional sudah sangat berkembang, sehingga ada obat kemoterapi yang diberikan dengan cara diminum (bentuk kapsul). Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dimengerti dan bermanfaat. Salam sehat.

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS
Spesialis Paru-Paru di RS Meilia Cibubur
yy/republika.co.id