25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

7 Tanda Ini Muncul Jika Tubuh Terserang Penyakit

7 Tanda Ini Muncul Jika Tubuh Terserang PenyakitFiqhislam.com - Aktivitas yang padat sering membuat orang lupa akan kondisi tubuhnya. Padahal, zaman sekarang ini, perubahan cuaca dan polusi bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan bisa memunculkan penyakit. Sebenarnya, tubuh bisa memberikan indikasi jika tubuh akan terserang penyakit. Berikut 7 tandanya:

1. Bibir Pecah-pecah
Ini bisa disebabkan karena perubahan cuaca yang ekstrim. Tapi, juga bisa sebagai tanda bahwa Anda kurang vitamin B12. Kurangnya vitamin ini dapat menjadi tanda bahwa Anda terserang anemia. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung B12, seperti telur, daging, dan hati ayam, agar tekanan darah tetap stabil.

2. Tubuh Mengecil
Seringin bertambahnya usia, kekuatan tulang akan semakin berkurang. Pertumbuhan tulang pun mulai menurun. Namun, menurunnya pertumbuhan tulang sering diwaktu yang kurang tepat.  Jika Anda mengalami hal ini, mungkin saja Anda terkena osteoporosis. Periksalah keadaan tubuh secara rutin sebagai tindakan pencegahan munculnya penyakit.

3. Sering Terserang Flu
Jika tubuh rentan terkena flu, berarrti tubuh Anda kekurangan vitamin C. Bahkan, bisa jadi di dalam tubuh Anda bersarang virus yang berisiko sebabkan penyakit lain. Lakukanlah tes darah sebagai pencegahan muncul penyakit yang lebih serius.

4. Urine Berwarna Kuning
Sistem ekskresi juga bisa menjadi tanda bahwa Anda akan terserang penyakit. Jika warna urine kekuningan, bisa jadi Anda memiliki masalah pada ginjal. Hal ini bisa disebabkan kurangnya asupan air dalam tubuh.

5. Kulit Jadi Sensitif
Jika wajah sudah mulai menampakkan jerawat, eksim, dan gangguan kulit lainnya, bisa jadi Anda terserang alergi. Cari tahu apakah Anda sudah menggunakan produk kesehatan dengan benar atau mungkin makanan yang dikonsumsi memunculkan masalah alergi.

6. Pola Tidur Terganggu
Jika Anda mulai terserang insomnia, bisa jadi jumlah kortisol dalam tubuh menurun. Jika kortisol menurun, maka tubuh akan rentan dengan berbagai jenis penyakit. Selain itu, ini juga sebagai tanda bahwa Anda sedang stres atau banyak pikiran. Perkembangan kortisol akan terganggu jika Anda sedang stres.

Jika kortisol terganggu, tubuh akan mencari cara sendiri untuk 'mengisi daya'.  Dalam pengisian daya yang 'dipaksa' tersebut, sistem kekebalan tubuh akan dikorbankan. Akibatnya, tubuh jadi rentan terkena penyakit. 

7. Selalu Merasa Lelah
Jika Anda sudah merasa cukup tidur tapi masih merasa lelah, bisa jadi kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal terganggu. Jika sudah begitu, energi dalam tubuh yang diproses tidak bisa diganti dengan tepat. Masalah ini akan 'memaksa' sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh. Jika sudah terganggu, masalah kesehatan yang serius siap menyerang Anda.

yy/tempo.co