27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Ini Akibatnya Kalau Kebanyakan Kuning Telur

Fiqhislam.com - Sering kali kita mengonsumsi telur sebagai alternatif makanan cepat saji. Siapa sangka terlalu sering mengonsumsi telur, terutama pada bagian kuning telur dapat meningkatkan kolesterol. Sebenarnya, kuning telur memang bagus untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin A, D, E, B12, asam folat, zat besi, dan kolin, terutama dalam proses tumbuh kembang anak.

Akan tetapi untuk orang dewasa, sebaiknya pilih untuk mengonsumsi putih telur karena kaya akan protein dan bebas kolesterol. “Untuk orang dewasa, paling bagus konsumsi putih telur saja, karena putih telur mengandung protein yang tinggi, kalau kuningnya mengandung kolesterol yang tinggi,” ujar dokter Ade Nur Prihadi.

Dokter Ade Nur juga mengimbau untuk tidak terlalu sering mengonsumsi telur khususnya bagian kuning telur karena kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Selain itu dr Ade Nur juga menyarankan sebaiknya konsumsi telur yang direbus dari pada didadar. “Sebaiknya konsumsi telur yang direbus, kita ambil putih telurnya, karena di situ proteinnya tinggi. Jika didadar akan tercampur semua jadi kurang bagus,” ujar dia. [yy/republika.co.id]