2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Kacamata Hitam yang Baik untuk Mata

Kacamata Hitam yang Baik untuk MataFiqhislam.com - Sepasang kacamata hitam yang baik bisa membantu melindungi mata Anda dari kerusakan mata akibat sinar matahari. Jadi, menurut para ahli, Anda perlu mengetahui kriteria memilih kacamata yang baik sebelum membeli yang baru di toko.

Terpapar sinar ultra violet (UV) dalam waktu yang lama, ungkap para peneliti dari University of California di Berkeley, bisa menyebabkan banyak masalah seperti katarak, kanker kulit di sekitar garis mata dan sekitar mata, melanoma mata dan lainnya.

Di Amerika, tidak ada standar khusus untuk kacamata hitam dan label-label yang tertera tidak konsisten sehingga membingungkan. Stiker yang tertera di kacamata mengatakan, "blocks UV" atau "UV absorbent" yang tidak ada artinya karena tidak menjelaskan seberapa banyak perlindungan dari UV tersebut. Yang paling aman adalah menggunakan kacamata hitam yang mengklaim melindungi UV secara keseluruhan. Contohnya, "99-100 percent UV absorbent" atau "UV400".

Tetapi tidak ada verifikasi independen untuk klaim-klaim tersebut sehingga Anda mungkin ingin seorang ahli optik mengetes kacamata hitam Anda guna mengetahui kebenaran klaim tersebut, ungkap para peneliti di UC Berkeley dalam siaran persnya.

Untuk mereka yang belum akan membeli kacamata hitam baru, ada baiknya untuk mengecek kacamata hitam Anda di optik terdekat karena goresan dan abrasi bisa menurunkan lapisan UV dari waktu ke waktu. Seorang optician bisa melapisi kembali perlindungan UV pada kacamata.

Yang perlu Anda ingat bahwa lensa yang lebih gelap belum tentu memberikan perlindungan lebih tinggi. Lensa yang lebih gelap juga tidak menghalangi sinar UV sehingga justru bisa lebih membahayakan dibandingkan tidak mengenakan kacamata hitam sama sekali. Pasalnya pupil mata terbuka lebih lebar sehingga membuat sinar UV lebih banyak masuk ke mata.

Semakin besar frame kacamata Anda, semakin baik. Hal ini dikarenakan frame menutupi masuknya sinar matahari secara langsung, ungkap para peneliti, tetapi hal tersebut tetap bisa menyebabkan distorsi.

Karena itu, setiap orang, termasuk anak-anak dan mereka yang mengenakan lensa kontak, sebaiknya mengenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Pupil mata anak-anak sangat rentan terhadap sinar UV dan lensa kontak yang mengandung perlindungan sinar UV pun tetap dinilai kurang memadai.

Kacamata hitam sangat penting untuk mereka yang sensitif terhadap sinar matahari karena pengobatan atau akibat alasan lain dan bagi mereka yang baru saja menjalani operasi katarak. [yy/tempo.co]