22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Terlalu Banyak Makan Daging Olahan Kualitas Sperma Bisa Turun

Terlalu Banyak Makan Daging Olahan Kualitas Sperma Bisa TurunFiqhislam.com - Konsumsi daging olahan sebelumnya terbukti bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Studi terbaru menyatakan konsumsi banyak daging olahan juga pengaruhi kualitas sperma.

Penelitian ini dipresentasikan di pertemuan tahunan American Society for Reproductive Medicine yang berlokasi di Boston, Amerika Serikat. Studi yang dilakukan Harvard School of Public Health (HSPH) menyarankan pria untuk menghindari bacon dan varian daging merah jika mereka ingin segera mempunyai anak.

"Kami menemukan pengaruh dari konsumsi daging olahan bisa menurunkan kualitas sperma dan ikan justru bisa meningkatkan kesuburan," jelas Dr. Myriam Afeiche selaku kepala peneliti.

Dilansir dalam Medical Daily (17/10/2013), studi tersebut merekrut 156 pria dengan masalah kesuburan yang menjalani in vitro fertilization (IVF). Setiap partisipan dan pasangannya diberikan pertanyaan mengenai diet seperti seberapa sering mereka mengonsumsi daging olahan, daging merah, daging putih, unggas, dan ikan.

Tim peneliti menemukan pria yang mengonsumsi setengah porsi daging merah lebih sedikit per hari mempunyai 7,2 persen sperma normal. Sementara pria yang mengonsumsi setengah porsi atau lebih dalam sehari hanya mempunyai 5,5 persen sperma normal.

Tapi, hasil penelitian ini sempat diragukan oleh beberapa ahli kesehatan. Dr. Allan Pacey, pimpinan British Fertility Society mengangkat masalah seperti jumlah sample yang dilibatkan dan takaran sperma yang diuji.

“Hubungan antara diet dan kesuburan pria adalah topik yang menarik, tapi masih sedikit yang mengetahui tingkat kesuburan pada pria dengan diet makanan tidak sehat. Apakah makanan tertentu bisa memicu kualitas sperma yang buruk,” tutur Dr. Allan Pacey kepada Daily Mail (17/10/2013).

Diluar itu, Dr. Allan tetap menganjurkan para pria untuk tetap mengurangi konsumsi daging olahan. “Bagaimanapun juga, diketahui bahwa konsumsi daging olahan dan daging merah dalam jumlah banyak berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan. Jadi saya menyarankan para pria untuk mengurangi asupan produk makanan tersebut dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan,” tambahnya. [yy/health.detik.com]