30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Penyebab Terjadinya Penyakit Vertigo

Penyebab Terjadinya Penyakit VertigoFiqhislam.com - Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif). Bagi masyarakat awam vertigo disebut juga sebagai tujuh keliling.

Perasaan pusing ini selain disertai rasa berputar kadang-kadang disertai mual dan muntah. Bila gangguan ini berat, penderita bahkan tak mampu berdiri atau bahkan terjatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Pada dasarnya keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Gangguan pada otak kecil yang mengakibatkan vertigo jarang sekali ditemukan. Namun, pasokan oksigen ke otak yang kurang dapat pula menjadi penyebab. Beberapa jenis obat kimia. Keadaan ini juga dapat menimbulkan vertigo.

Penyebab penyakit vertigo dan kesembuhannya

Untuk jenis penyebab Penyakit Vertigo, ada sampel dari mereka yang sudah pernah datang ke Rumah Bekah Ruqyah Center yang kami asuh. Mulai usia  27,33, 43, 56, 67 tahun. Untuk penderita yang berusia 27 tahun karena tekanan hidup yang berat, pengaruh terbesarnya adalah kurangnya volume ibadah kepada Allah SWT. Apa ada korelasinya antara penyakit dan keyakinan kita kepada Allah? Ya.

Dalam buku “Tuhan dalam Otak Manusia” dijelaskan dalam disiplin ilmu neurosains spiritual yang menunjukan bahwa sangat ada hubungan erat antara spiritualitas cara kerja otak dan kesehatan jasmani. Artinya vertigo ini bisa jadi salah satu faktor nyebabnya karena dangkalnya atau kurangnya keyakinan kita kepada Allah. Solusinya ya semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Yang berusia 33 tahun, penyebab sakit vertigonya adalah karena ketegangan kerja, stres, tekanan kerja. Maka kalau penyebabnya ketegangan, vertigo ini akan ada rasa sakitnya. Dahsyatnya, dengan izin Allah SWT, 3 x datang terapi sudah mengalami perubahan yang pesat.

Untuk penderita vertigo usia 43 tahun ini adalah seorang pengusaha yang sangat sibuk. Untuk usia 56 tahun, penyebabnya adalah karena rokok dan makanan yang diawetkan. Beliau seorang pegawai swasta, sehari mesih merokok 1 bungkus. Maka bisa dipastikan akumulasi toksin dalam tubuhnya cukup banyak, dan terbukti benar. Untuk penderita vertigo usia 67 tahun ini adalah karena makanan yang diawetkan, dikemas, penyedap rasa (MSG).

Dari semua kasus itu, dapat disimpulkan fakor penyebab vertigo ini sangat beragam sekali. Mulai dari faktor pikiran sampai faktor makanan. Solusi menghindarinya juga dilakukan secara ruhiyah dan juga usaha secara fisik, berolah raga dan jangan lupa berbekam. Insya Allah, mungkin itu jawaban sederhana dari saya. Mungkin bisa dikonsultasikan kepada dokter umum yang bisa memberikan paparan secara medis. Allahu alam.

Ust. Yudhistira Adi Maulana
yy/islampos.com