23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Mengatasi Gangguan Seksual dengan Hipnotis?

Mengatasi Gangguan Seksual dengan Hipnotis?Fiqhislam.com - Hipnotis kini menjadi alternatif pengobatan seperti mengatasi gangguan seksual. Dr. IGN Adhiarta, SpPD, KEMD, CHt, dokter spesialis penyakit dalam yang juga seorang hypnoterapis menjelaskan, sebelum memutuskan untuk terapi hipnotis, harus dipastikan dahulu apakah gangguan seksual itu bukan karena kelainan fungsi organ seksual.

"Kalau gangguan seksual karena organik ini kan artinya ada gangguan dalam fungsi organ seksualnya yang harus ditangani dengan pengobatan medis," kata dokter Adhiarta dalam acara media workshop Menavigasi Pikiran dengan Hipnoterapi Klinis di Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Dia menjelaskan, misalnya apakah impotensi seorang pria karena ia memiliki penyakit diabetes atau hipertensi. Ini harus diobati dahulu penyakitnya.

Sementara jika seseorang sudah melakukan pengobatan medis namun masih mengalami keluhan yang sama, lanjut dokter Adhiarta, tahapan hipnoterapi bisa mulai dilakukan.

Karena kemungkinan gangguan kesehatan yang deritanya karena faktor psikogenik yaitu kondisi psikologis yang akhirnya mempengaruhi kesehatan seseorang termasuk kesehatan seksual.

"Kita cari apa akar masalahnya, misanya mungkin ada trauma masa lalu, hubungan suami istri yang kurang baik , apakah pernah mendapat pelecehan seksual, kita cari masalahnya apa," terang dokter yang sehari-hari berpraktek di RS Hasan Sadikin Bandung ini.

Hipnoterapi klinis adalah tehnik terapi yang dilakukan dalam kondisi hipnosis sehingga dapat menjangkau pikiran bawah sadar dimana tersimpan program maupun emosi yang menjadi akar masalah. [yy/inilah.com]