22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Manfaat Terbaik Konsumsi Beras Merah

Manfaat Terbaik Konsumsi Beras MerahFiqhislam.com - Terlalu banyak mengonsumsi nasi yang berbahan dasar beras putih bisa tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba mengonsumsi beras merah. 

Hal ini karena beras merah memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Anda, lebih baik dibandingkan beras biasa. Berikut ini manfaat kesehatan bila Anda mengonsumsi beras merah, seperti dilansir Boldsky.
 
Kaya mangan
Satu cangkir beras merah menyediakan 80 persen kebutuhan mangan kita sehari-hari. Mangan membantu mensintesis lemak tubuh, sehingga membantu Anda mendapatkan energi dari asupan karbohidrat. Selain itu, mangan juga mengurangi risiko penumpukan pada tubuh.
 
Penurunan berat badan
Manfaat kesehatan yang paling kita sering dengar dari beras merah adalah mengurangi lemak pada tubuh. Hal ini karena beras merah kaya akan serat yang membantu dalam membakar lemak dan lebih banyak energi untuk mengurainya. Selain itu, serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan.
 
Kaya akan minyak baik
Beras merah kaya akan minyak alami yang baik untuk tubuh Anda. Artinya, beras merah memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Misalnya, lemak baik dengan minyak alami ini membantu menormalkan dan mengontrol kolesterol.
 
Baik untuk jantung
Beras merah adalah jenis gandum sebagai proses penyulingan, tetapi tidak mengurangi manfaat kesehatannya. Ini akan membantu mempertahankan semua sifat baik yang membantu mengurangi penumpukan plak arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung, serta kolesterol tinggi.

Antioksidan
Beberapa penelitian sekarang telah membuktikan bahwa beras merah mengandung banyak sifat antioksidan. Hal ini karena beras merah memiliki fitonutrien yang menjadikannya sebagai makanan sehat sampai saat ini. Antioksidan dalam beras merah mempunyai beberapa manfaat untuk mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan.
 
Kurangi risiko diabetes
Beras merah merupakan sumber makanan yang kaya akan magnesium. Ini merupakan mineral yang bekerja sama dengan 300 enzim, termasuk enzim yang terlibat dalam penggunaan glukosa tubuh dan sekresi insulin. Hal ini menjadikan beras merah sebagai gandum yang menyediakan sumber kaya karbohidrat, sehingga baik untuk tubuh dibandingkan karbohidrat dari padi olahan.
 
Baik untuk tulang
Beras merah kaya akan magnesium yang dikenal untuk membantu mengatur saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium. Selain itu, magnesium dan kalsium juga diperlukan untuk kesehatan tulang. Sementara itu, sekira dua pertiga dari magnesium pada tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita.
 
Baik untuk bayi dan anak
Sereal beras merah adalah makanan pertama bayi yang sempurna, karena mengandung padat nutrisi alami dan serat. Perkembangan pesat bayi dan anak membutuhkan diet kaya nutrisi untuk membantu mempertahankan pertumbuhan yang pesat. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa beras merah mengurangi risiko asma pada anak-anak hingga 50 persen.

yy/okezone.com