23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Sedang Diet, Hindari Makanan yang Mengandung Akrilamida

Sedang Diet, Hindari Makanan yang Mengandung AkrilamidaFiqhislam.com - Akrilamida adalah makanan yang bisa memilki bahan kimia yang menyebabkan kanker dalam diet. Jika Anda tengah menjalani program diet, Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung akrilamida.
 
Akrilamida bisa terbentuk dalam beberapa makanan - termasuk kentang, sereal, kerupuk atau roti, buah-buahan kering dan kopi - selama proses memasak bersuhu tinggi seperti menggoreng dan memanggang . Akrilamida ditemukan pada 40 persen dari kalori yang dikonsumsi dalam diet rata-rata orang-orang Amerika, menurut Grocery Manufacturers Association.
 
Tingginya kadar akrilamida sudah ditemukan menyebabkan kanker pada hewan, yang membuat para ilmuwan percaya bahwa bahan kimia mungkin menyebabkan kanker pada orang juga, kata US Food and Drug Administration (FDA)
 
"Secara umum, akrilamida lebih cenderung menumpuk saat memasak dalam waktu yang lama atau pada suhu yang lebih tinggi," kata Lauren Robin, kimiawan FDA seperti dilansir Healthmonitor. Dia menambahkan bahwa mendidih dan merebus makanan biasanya tak menyebabkan akrilamida pada makanan.
 
Karena sudah sangatumum padamakanan, kita tak bisa benar-benar menghilangkan akrilamida dala menu diet Anda. Namun, ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah akrilamida yang dikonsumsi, kata Robin
 
Dia menawarkan tips berikut :
 
 - Saat menggoreng kentang goreng yang beku, ikuti rekomendasi pabrik untuk lama waktu memasak dan suhunya. Di samping itu, hindarilah memasak terlalu gosong atau kecoklatan.
 
- Panggang roti sampai warna coklat muda dan hindari warna cokelat tua. Jangan makan bagian roti panggang yang berwarna cokelat.
 
- Masaklah kentang hanya sampai kentang berwarna kuning keemasan dan bukan warna cokelat. Daerah coklat cenderung mengandung lebih banyak akrilamida .
 
- Jangan menyimpan kentang dalam lemari es, pasalnya bisa meningkatkan kadar akrilamida saat dimasak. Jauhkan kentang di luar kulkas di tempat yang dingin, seperti lemari.
 
- Akrilamida mungkin telah ada sejak orang membuat kue, memanggang, memanggang atau menggoreng makanan.Tetapi itu sudah 10 tahun yang lalu dimana ilmuwan menemukan  bahan kimia dalam makanan, kata FDA. Sejak saat itulah, ivestigasi terhadap bahaya akrilamida diteliti dan mencari potensial untuk menguranginya.

yy/okezone.com