fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Makanan yang Sebabkan Wajah Anda Tampak Lelah

Makanan yang Sebabkan Wajah Anda Tampak LelahFiqhislam.com - Menjalanai aktivitas harian dengan wajah tampak lelah dan kusam memang menyebalkan. Hal itu ternyata tak hanya dipicu karena kurang tidur atau keletihan, tapi makanan juga bisa membuat wajah tampak letih. Apa sajakah itu? 

Ya, ada beberapa makanan yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat wajah tampak letih. Di mana pada akhirnya bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang bila berinteraksi dengan orang lain.
 
Untuk mengetahui apa sajakah makan itu, di bawah ini daftar makanan yang Anda harus bijak bila mengonsumsi. Berikut ulasannya, seperti dilansir Womenshealth.
 
Garam
 
Kendati beberapa asupan garam memang diperlukan dalam menu harian Anda, mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi cenderung membuat seseorang dehidrasi hingga kulit menjadi kering dan membuat wajah terlihat jauh lebih lelah. Untuk itu, pilihlah asupan alternatif rendah natrium dan mencari makanan yang dibumbui dengan rempah-rempah sebagai pengganti garam.
 
Pemanis buatan
 
Teratur mengonsumsi gula mempromosikan seseorang mengalami peradangan, tetapi pemanis buatan bisa sama buruknya, di mana membuat Anda terlihat letih. Pemanis buatan mengandung aspartame yang memicu seseorang mengalami nyeri sendi dan bisa membuat Anda menginginkan lebih banyak gula. Oleh karenanya, pilihlah makanan dengan gula alami, seperti buah untuk menghindari wajah terlihat letih dan tampak bengkak.
 
Makanan yang digoreng
 
Kentang goreng dan makanan olahan dari minyak dan lemak trans, yang berarti mereka akan menyumbat arteri dan mengeraskan sel-sel darah, membuat kulit Anda terlihat kusam dan lelah. Di samping itu, makanan ini cenderung lemak menumpuk yang bisa menghancurkan bagian dalam tubuh Anda, inilah alasan makanan ini tak boleh menjadi pola makan harian.
 
Karbohidrat 
 
Kami tidak mengatakan Anda harus menghindari asupan karbohidrat, tetapi kelebihan mengonsumsi karbohidrat (umumnya di banyak diet perempuan) bisa merusak kolagen di kulit. Hal itu berarti bahwa kulit Anda tak akan terlihat sehat dan seperti gemuk, pada gilirannya Anda akan tampak jauh lebih lelah. Untuk itu, beralihlah mengonsumsi salad dua kali tiap pekan dan menambahkan dosis ganda dari sayuran saat makan malam Anda daripada mengisinya dengan asupan berkarbohidrat (nasi atau roti).

Donat
 
Donat yang dihasilkan dari cara menggoreng dan dilapisi banyak pemanis merupakan ide yang buruk untuk sebuah upaya menjalani makan-makanan sehat. Terlebih bila Anda mengonsumsinya saat sarapan. Kendati demikian, Anda bisa beralih ke donat yang dibumbui yogurt dengan madu alami atau kacang almond agar kesehatan Anda terlihat jauh lebih terjaga.
 
Permen
 
Kandungan gula dalam permen akan memberikan lonjakan insulin yang pada akhirnya akan membuat wajah Anda tampak sangat lelah. Selain itu, permen juga akan membuat Anda terlihat lelah dengan memberikan tanda hitam di bawah kantong mata. Jika Anda memiliki permen, jangalah terlalu banyak mengonsumsinya.
 
Daging merah
 
Anda tak perlu menjadi seorang vegetarian, tapi makan daging merah lebih dari sekali tiap pekan sudah dikaitkan dengan peningkatan keriput, yang disebabkan oleh senyawa karnitin yang membuat dinding pembuluh darah mengeras. Jika Anda tidak ingin jauh dari risiko itu, cobalah untuk tetap pada aturan itu, makan tidak lebih dari sekali tiap pekan.
 
Makanan pedas
 
Makanan pedas memang baik untuk metabolisme, tapi tak ideal untuk kulit. Makanan pedas bisa menyebabkan kulit menjadi teriritasi, menyebabkan warna kulit tak merata dan pembuluh darah melebar. Alhasil, hal itu membuat kulit menjadi kurang jelas dan sedikit lebih tua, yang pada gilirannya akan membuat Anda terlihat lebih lelah. Jika makanan datang dalam pilihan ringan atau pedas, pilihlah makanan ringan selagi Anda bisa.

yy/okezone.com