20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
KESEHATAN

Jaga Prostat Tetap Sehat dengan Konsumsi Tomat dan Jamur

Jaga Prostat Tetap Sehat dengan Konsumsi Tomat dan JamurFiqhislam.com - Makanan alami tidak hanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga untuk kesehatan prostat. Nutrisi pada makanan tertentu bisa membantu mencegah gangguan prostat, seperti prostatitis, hipertrofi prostat jinak dan kanker prostat.

Seperti direkomendasikan www.prostate.net (02/12/2013) makanan berikut ini mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan prostat.

1. Brokoli

Mengandung fitonutrien yaitu sulforaphane yang meningkatkan aktivitas enzim detoksifikasi tubuh yang dapat mengurangi pemicu kanker. Zat indole yang terdapat dalam brokoli dapat menekan pertumbuhan sel kanker sekaligus sebagai penghambat prostate specific antigen (PSA).

2. Cabai

Paprika dan cabai mengandung zat capcaisin yang dikenal ampuh untuk mengurangi rasa sakit, membantu membunuh sel-sel kanker prostat. Selain itu capcaisin juga merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

3. Teh hijau

Mengandung senyawa antioksidan katekin. Jenis polifenol ini telah terbukti dapat menghancurkan bakteri dan virus tertentu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melawan beberapa bentuk kanker termasuk kanker prostat.

4. Jamur

Studi menunjukkan bahwa ergothioneine dalam konsentrasi tinggi ada dalam jamur shiitake, tiram, reishi, dan jamur maitake. Zat ini memberikan perlindungan terhadap sel-sel dari kerusakan yang berhubungan dengan racun. Masukkan jamur dalam menu sehari-hari. Bisa diolah menjadi tumisan, sup, semur dan saus pasta jamur.

5. Delima

Kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang disebut ellagitannin yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan prostat. Jus buah delima secara signifikan memperlambat perkembangan sel kanker prostat.

6. Salmon

Tekstur daging dan cita rasa yang lezat membuat orang senang mengonsumsi ikan ini. Konsumsi ikan salmon seminggu sekali dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat untuk pria. Mengandung asam lemak omega 3, asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat melawan perkembangan kanker prostat.

7. Tomat

Mengandung zat lycopene, karotenoid yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan prostat. Meskipun tomat segar itu bergizi, ternyata zat lycopene meningkat ketika tomat diproses atau dimasak, misalnya menjadi saus tomat.

yy/detik.com