4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Obat Anda Berisiko Merusak Tulang?

Obat Anda Berisiko Merusak Tulang?Fiqhislam.com - Apapun penyakitnya, pastilah Anda ingin tetap memiliki tulang yang sehat dan kuat. Bahkan saat sudah menderita osteoporosis (pengeroposan tulang) atau berisiko pada penyakit itu, Anda tentu ingin memiliki tulang yang tetap kuat. Disamping mengikuti anjuran dokter pada diet dan olahraga yang dianjurkan, Anda pun sebaiknya mengetahui jenis obat apa saja yang aman dan tidak aman bagi tulang.

Beberapa obat yang digunakan untuk masalah kesehatan secara umum, seperti penyakit lambung, depresi, diabetes, dan lain-lain ternyata biasanya memiliki efek samping terhadap kesehatan tulang, terutama meningkatkan risiko patah tulang.

"Tapi tidak perlu juga Anda menghentikan obat tersebut," ujar Harold Rosen, MD, Direktur Osteoporosis Prevention and Treatment Center di Beth Israel Deaconess Medical Center,  Boston. Sebaliknya, "Penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra: manfaat dari obat terhadap efek pada tulang," katanya.

Manfaat dari obat mungkin lebih besar daripada risikonya. Atau dokter mungkin meresepkan obat untuk menjaga tulang untuk mengimbangi risiko, ujar Rosen menambahkan.

Perlu juga diketahui, bahwa beberapa jenis obat steroid yang membantu mengurangi peradangan, biasanya dokter meresepkannya untuk kondisi termasuk rheumatoid arthritis, asma, dan lain-lain, ternyata juga bisa menghambat pembentukan tulang, begitu catatan endokrinologi Ann Kearns, MD, seorang konsultan di Klinik Mayo di Rochester, Minn

Namun, katanya, beberapa orang membutuhkan obat-obatan ini. "Dan risiko jangka pendek mungkin bisa tidak menjadi`masalah besar bagi kebanyakan orang,"`kata Rosen.

Disebutkan juga obat lain yang mengancam tulang, termasuk obat-obatan untuk pengobatan kanker payudara yang disebut sebagai kelompok aromatase inhibitor. Obat-obat tersebut ditargetkan agar tubuh Anda membuat yang disebut aromatase. Aromatase ini bisa membuat kadar estrogen, yaitu bahan bakar kanker, menurun. [yy/tempo.co]