22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Lima Makanan Pantang Masuk Microwave

Lima Makanan Pantang Masuk Microwave Fiqhislam.com - Bagi masyarakat perkotaan, microwave bak benda ajaib yang mengefisiensikan pekerjaan memasak. Ternyata, tidak selamanya demikian.

Saat sarapan dan Anda mempersiapkan menu untuk keluarga secara tergesa-gesa, microwave selalu bisa diandalkan. Apalagi, kini banyak makanan kemasan cepat saji yang mudah disiapkan dengan microwave.

Namun, penting diketahui, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diolah dengan microwave. Apa saja? Berikut ini, seperti dilansir dari Thedailymeal:

Buah
Tidak pernah menjadi ide yang baik untuk menempatkan buah ke dalam microwave. Anggur, misalnya, akan hancur, sedangkan kismis mengirimkan begitu banyak plasma yang dapat merusak microwave Anda.

Cabai
Cabai, terutama cabai kering, bisa menjadi bencana saat Anda mencoba mengolahnya dengan microwave. Capsaicin, bahan aktif yang membuat cabai terasa pedas, menguap bila terkena panas microwave. Baunya akan melekat lama pada microwave, belum lagi Anda akan mendapati uap menyengatnya yang bisa menjadi hal tidak menyenangkan di dapur Anda.

Telur
Pernah punya ide untuk merebus telur dengan microwave? Pikirkan lagi. Bagian dalam telur memang akan menjadi sangat panas dan baunya akan cepat menguap dari microwave. Namun, bisa jadi 'bencana' di dapur yang akan Anda rasakan lebih parah. Telur bisa pecah, sehingga Anda harus kerja keras untuk membersihkan bagian kuning telur yang menempel pada dinding microwave.

Air
Jangan mencoba untuk merebus secangkir air di dalam microwave. Air tidak akan mampu mendidih sempurna meski gelasnya benar-benar panas. Jika Anda ingin mendidihkan air dengan microwave, masukkan pula tongkat pengaduk atau sesuatu di dalamnya sehingga air dapat mendidih seperti jika memakai kompor.

Roti
Jika Anda meletakkan roti di microwave, peralatan ini memang tidak akan hancur. Namun, roti Anda akan hancur, bahkan jika hanya sepotong. Setelah lebih dari 10 detik dalam microwave, kelembaban roti membuatnya hancur. Cara terbaik untuk memanaskan roti yang kering adalah dengan oven selama beberapa menit.

yy/okezone.com