22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Mengapa Serangan Jantung & Stroke pada Pagi Hari?

Mengapa Serangan Jantung & Stroke pada Pagi Hari?Fiqhislam.com - Penelitian mengungkapkan mengapa serangan jantung dan stroke umumnya menyerang ketka pukul setengah tujuh pagi. Ini sama sekali tidak ada kaitan dengan kewajiban berangkat bekerja.

Menurut peneliti dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita di Boston dan Oregon Health dan Science University, karena pada jam tersebut kadar protein dalam darah yang sebelumnya lambat mengalami pucak perpecahannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah itu memang jam biologis secara alami, atau apakah ada kegiatan seseorang yang menyebabkan kadar protein berfluktuasi.

Penelitian melibatkan 12 relawan yang sehat selama dua minggu. Mereka melakukan pekerjaan sehari-hari dan menjalani pemeriksaan secara rutin.

Para peneliti secara khusus mempelajari perubahan tingkat tubuh dari aktivator plasminogen protein-inhibitor 1 (PAI-1), yang menghambat pemecahan bekuan darah.

Ini adalah penyumbang utama serangan jantung dan beberapa stroke. Penelitian yang termuat dalam jurnal Blood menemukan, ritme yang ketat akan tingkat PAI-1 pada tubuh terjadi sekitar pukul 06:30 pagi.

"Temuan kami menunjukkan bahwa sistem sirkadian atau jam biologis tubuh memberikan kontribusi terhadap peningkatan risiko kejadian kardiovaskular pada pagi hari," kata penulis studi Dr Frank Scheer, Direktur Program Kedokteran Kronobiologi di Brigham dan Rumah Sakit Wanita seperti melansir dailymail.

Rekannya sesama penulis, Dr Steven Shea, direktur Oregon Institute of Occupational Health Sciences, menambahkan, " Temuan kami menunjukkan bahwa sistem sirkadian manusia menyebabkan puncak pagi di tingkat PAI-1 terlepas dari perilaku atau lingkungan yang beredar pengaruh." [yy/inilah.com]