25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

Bahaya Minum Air Dingin Ketika Berbuka

Bahaya Minum Air Dingin Ketika Berbuka

Fiqhislam.com - Setelah seharian menahan lapar dan haus, rasanya tubuh ini memerlukan asupan yang menyegarkan. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air dingin. Dengan air dingin rasanya tubuh akan kembali segar. Tapi, tahukah Anda ternyata apabila kita berbuka langsung mengonsumsi air dingin maka kesehatan kita akan terganggu.

Menurut penelitian, minum minuman dingin saat berbuka puasa dapat membuat kram pada perut. Selama 14 jam lambung dalam keadaan kosong. Jika langsung diisi dengan air dingin, maka lambung akan terkejut dan menyebabkan kontraksi. Inilah yang menyebabkan kita rentan terkena penyakit magh.

Selain itu, apabila kita sering mengonsumsi air dingin, berat badan kita akan bertambah. Mengapa demikian? Karena air dingin dapat membekukan lemak yang ada di darah kita. Sehingga membuat peredaran darah tidak lancar. Karena darah tidak lancar maka proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh akan terganggu. Dan ini bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Serta ketika kita sudah makan kemudian langsung minum air dingin, maka air dingin itu dapat menyempitkan usus dan menggangu proses pencernaan. Akibatnya perut bisa menjadi buncit.

Oleh karena itu, agar kita terhindar dari gangguan kesehatan selama berpuasa, alangkah baiknya kita atur pola makan kita. Biasakan saat berbuka puasa diawali dengan meminum air putih yang tidak dingin. Lalu kita juga dapat mengonsumsi makanan yang bersifat manis seperti korma dan kolak. Setelah 5-10 menit, barulah kita boleh mengonsumsi air dingin karena kondisi perut sudah stabil. [yy/islampos.com]