fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


11 Ramadhan 1442  |  Jumat 23 April 2021

Penyebab Susah BAB Saat Puasa

Penyebab Susah BAB Saat Puasa

Fiqhislam.com - Walaupun sedang berpuasa, namun sebaiknya Anda harus tetap aktif bergerak. Sebab, kalau Anda tidak bergerak, maka masalah pencernaan dan kesehatan lainnya akan menyergap tubuh Anda.

Saat berpuasa kita tidak mengkonsumsi minuman dan makanan apapun, maka pencernaan kita pun akan bekerja sesuai dengan apa yang sedang kita konsumsi. Ini mengakibatkan, terkadang kita bisa buang air juga tidak bisa. 
 
Supaya puasa tetap sehat, dan buang air besar pun jadi lancar, berikut ini ada beberapa penyebab seseorang susah Buang Air Besar (BAB) dan cara untuk mengatasinya. 
 
1. Kurang minum air putih
Di bulan puasa manajemen minum air putih memang harus lebih diatur dibandingkan dengan hari biasanya. Karena waktu makan dan minum sedikit, maka ada banyak orang yang ternyata kekurangan minum. Air sangat diperlukan untuk proses pencernaan dan ekskresi. Maka aturlah waktu minum Anda supaya tidak sekaligus banyak ataupun terlalu sedikit. 
 
2. Kurang bergerak
Kurang gerak juga bisa berpengaruh, Karena saat kita bergerak, metabolisme tubuh kita bekerja dengan sangat aktif. Oleh karena itu, perbanyak gerakan Anda seperti biasanya. Tidak harus dengan yang menyita energi, tapi yang membuat Anda aktif. Berjalan-jalan sore bisa menjadi solusi selagi Anda melakukan ngabuburit.
 
3. Kurang konsumsi serat
Kalau bisa, makan malam dan sahur mengandung 50 persen serat. Selanjutnya bisa Anda imbangi dengan cairan, dan sumber tenaga seperti protein atau karbohidrat. Serat yang baik selama puasa seperti beras merah, pepaya, semangka, bayam segar, wortel dan apel. Serat penting untuk pencernaan agar lebih mudah BAB.
 
4. Terlalu banyak kalsium
Terlalu banyak kalsium yang tak dilengkapi dengan magnesium bisa membuat pencernaan Anda terhambat, karena terjadi penumpukan kalsium dalam tubuh yang menyebabkan konstipasi. Magnesium sangat diperlukan untuk penyerapan kalsium sehingga tak menumpuk di dalam ginjal. Bagi Anda yang punya gen kanker, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang tak dilengkapi dengan magnesium seimbang.
 
5. Konsumsi gorengan atau makanan buatan
Gorengan dan makanan prosesan lainnya seperti kue-kue dengan pati tinggi, mie, roti dan sebagainya bisa menyebabkan dua hal, panas dalam dan banyaknya kandungan gula dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi secukupnya dan perbanyak buah dan sayur yang lebih melancarkan pencernaan Anda.
 
yy/aktual.co