23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Vasektomi Tingkatkan Resiko Kanker Prostat

Vasektomi Tingkatkan Resiko Kanker ProstatFiqhislam.com - Hati-hati bagi pria yang menjalani vasektomi. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Harvard telah menemukan bahwa vasektomi bisa meningkatkan resiko kanker prostat sebesar 10 persen.

Vasektomi adalah bentuk umum dari kontrasepsi dan sangat populer di kalangan pria. Para peneliti menemukan bahwa pria yang menjalani vasektomi memiliki resiko mengembangkan bentuk yang paling agresif dari kanker prostat yang tentunya paling mematikan.

Para peneliti yang karyanya diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology, menganalisis catatan kesehatan dari 49.405 pria Amerika mulai tahun 1986 hingga 2010. Selama kurun waktu itu, 6.023 kasus kanker prostat didiagnosis, termasuk 811 kasus mematikan dan satu dari empat laki-laki dalam studi ini dilaporkan telah menjalani vasektomi.

Para peneliti menemukan bahwa pria yang menjalani vasektomi memiliki risiko mengembangkan bentuk yang paling agresif dari kanker prostat yang tentunya paling mematikan.

Para peneliti menekankan bahwa penelitian mereka hanyalah mencari hubungan statistik antara vasektmi dan kanker prostat dan penyakit dan mereka tidak menunjukkan bahwa vasektomi secara langsung menyebabkan kanker.

Namun bagaimanapun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mendesak diperlukan untuk menentukan apakah vasektomi mungkin meningkatkan jumlah penderita kanker prostat.

"Keputusan untuk memilih vasektomi sebagai bentuk kontrasepsi merupakan hal yang sangat pribadi dan seorang pria harus mendiskusikan risiko dan manfaat dengan dokter pribadi mereka," kata peneliti, Kathryn Wilson, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (12/8). [yy/jpnn.com]