30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Vitamin D Memberi Peluang Hidup Bagi Pasien Kanker Usus

Vitamin D Memberi Peluang Hidup Bagi Pasien Kanker UsusFiqhislam.com - Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh kita harus berada dalam keadaan yang fit dan sehat. Karena itulah kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

Seperti Vitamin D yang dapat membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik, selain itu vitamin D berfungsi untuk menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia dan sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), dapat juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Selain itu, sebuah studi baru menemukan bahwa Vitamin D dapat meningkatkan peluang hidup bagi pasien kanker usus.

Para ilmuwan meneliti hampir 1.600 pasien kanker usus dan menemukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi Vitamin D masih hidup setelah lima tahun dibandingkan dengan pasien kanker usus yang jarang mengkonsumsi vitamin ini.

Vitamin D atau yan dikenal sebagai vitamin sinar matahari, dibuat di dalam tubuh saat kulit terkena sinar matahari dan dapat ditemukan dalam makanan seperti minyak hati ikan, telur dan ikan berlemak seperti salmon, herring dan mackerel.

Malcolm Dunlop dari Medical Research Council Human Genetics Unit di University of Edinburgh yang memimpin studi ini, mengatakan bahwa suplemen vitamin D mungkin perlu ditelusuri untuk pasien kanker usus.

"Temuan kami menjanjikan tetapi penting untuk dicatat bahwa ini adalah penelitian observasional dan kita perlu hati-hati untuk melakukan uji klinis acak sebelum kita bisa memastikan apakah mengkonsumsi suplemen vitamin benar-benar menawarkan manfaat kelangsungan hidup terutama bagi bagi mereka yang menderita kanker usus," kata Dunlop, seperti dillansir laman Fox News, Kamis (14/8).

Kanker usus atau yang dikenal juga sebagai kanker kolorektal adalah kanker paling umum menyerang masyarakat di Eropa dengan sekitar 447.000 kasus baru didiagnosis pada 2012, kata badan amal Cancer Research UK yang mendanai penelitian ini.

Malcolm yang karyanya diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology mengatakan ia dan anggota timnya berencana mengadakan sebuah percobaan klinis untuk menguji apakah mengkonsumsi tablet Vitamin D yang dikombinasikan dengan kemoterapi dapat meningkatkan tingkat ketahanan hidup pasien kanker usus. [yy/jpnn.com]