23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Benarkah Makan Mie Instan & Cokelat Bersamaan Berakibat Kematian?

Benarkah Makan Mie Instan & Cokelat Bersamaan Berakibat Kematian?Fiqhislam.com - Beberapa waktu terakhir, muncul pesan broadcast dari Blackberry Messanger yang menyebut kematian seorang wanita akibat mengonsumsi mie instan dan cokelat secara berbarengan.

Adapun pesan broadcast tersebut berbunyi:

Ada seorang Wanita meninggal 'Mendadak' dgn 'Kelima Panca Indera keluar darah. Setelah diselidiki ternyata Wanita ini meninggal, bukan krna 'Bunuh Diri' atau 'Dibunuh', melainkan karena ketidaktahuan tentang 'Racun akibat Makanan'. - Wanita ini memiliki kebiasaan makan coklat. tiap hari, ini tidak masalah. Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan 'MIE GORENG'. - Sebenarnya cma makan mie goreng saja juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan mie malam itu dan tak ada yang meninggal.Tetapi, karena MIE itu mengandung 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) & berhubung habis makan MIE wanita itu makan COKLat.Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam perut yang membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.- Inilah yg Mengakibatkan :• Hati• Jantung• Ginjal• Pembuluh darah rusak• Usus Berdarah• Pembuluh darah Melebar- Sehingga wanita itu Meninggal dengan sangat Mengenaskan dengan Kelima Panca Indera 'Keluar Darah' saat itu.- Jadi Hati-hati!!Jika habis banyak makan.• MIE goreng•. MIE kering•. MiE soto- Jangan makan coklat pada saat yang 'Bersamaan' !!!- Copy paste-lah jika Anda 'Merasa' ini cukup 'Penting' - Kasih tau ke semua Teman atau Keluarga.- Mari berbagi Kepedulian Kita dengan Sesama!!!

Sontak, pesan berantai tersebut menimbulkan keresahan. Benarkah kabar tersebut? Metrotvnews.com mencoba mencari jawabnya dengan menemui ahli gizi Rumah Sakit Pasar Rebo, Indah Sulianti. Menurut Indah, ada tiga hal yang harus diluruskan pada pesan berantai tersebut.

1. Dalam mie instan yang paling berbahaya adalah zat pengawetnya
"Zat pengawet itu adalah natrium. Beberapa kasus yang saya temui, pernah ada anak yang ususnya pecah karena keseringan makan mie. Proses rusaknya itu diakibatkan natrium yang mengendap di dalam tubuh. Jika semakin tebal, organ yang tertumpuk endapan akan rusak," jelasnya.

2. Cokelat kemasan (bukan coklat murni) memiliki kadar lemak dan kolesterol tinggi
Kadar lemak dan kolesterol berasal dari zat tambahan seperti susu full cream, dan lain-lain.

3. Tidak hanya mie instan, semua makanan kemasan memiliki natrium (pengawet)
Natrium bila dikonsumsi terus menerus dapat membahayakan tubuh. "Tak ada korelasi antara makan cokelat dan mie secara bersamaan, lalu muncul efek yang terjadi pada isi pesan di atas," tegas Indah.

"Jadi kesimpulannya, apa yang terjadi pada perempuan itu lebih menjurus kepada efek dari kolesterol yang menumpuk karena terlalu sering makan cokelat dan efek natrium dari pengawet makanan yang menempel dalam pembuluh darahnya, sehingga mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. Bukan karena reaksi kimia itu," terang Indah.

Berdasarkan penelusuran, Arsenic Pentoxide merupakan senyawa anorganik yang tinggi kandungan racun, sehingga hanya diaplikasikan hanya ke beberapa produk komersial dan tidak terdapat pada makanan. [yy/metrotvnews.com]