24 Dzulhijjah 1442  |  Selasa 03 Agustus 2021

basmalah.png

Makanan Organik Tidak Kurangi Risiko Kanker?

Makanan Organik Tidak Kurangi Risiko Kanker?Fiqhislam.com - Rajin makan sayuran dan buah-buahan organik nyatanya tidak memberikan manfaat besar untuk mengurangi risiko kanker.

Penelitian menemukan, perempuan yang rajin mengonsumsi sayuran dan buah organik selama sembilan tahun nyatanya tidak memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Bahkan penelitian menemukan tetap ada peningkatan risiko untuk terkena kanker meski kecil.

Penelitian Universitas Oxford menganalisa kebiasaan makan sebanyak 600 ribu perempuan, termasuk meminta mereka rajin mengonsumsi makanan organik. Mereka dipantau perkembangannya selama sembilan tahun.

Hasilnya, sebanyak 50 ribu perempuan tekena salah satu dari 16 kanker yang umum selama studi. Namun para peneliti menduga, ada faktor-faktor lain selain sayuran dan buah-buahan organik yang menyebabkan kanker.

"Dalam studi besar wanita paruh baya di Inggris ini, kami tidak menemukan bukti bahwa risiko kanker secara keseluruhan seorang wanita mengalami penurunan jika dia biasa makan makanan organik," kata Profesor Tim Key, ilmuwan Cancer Research UK yang didanai Oxford University.

Masyarakat mengubah pilihan makan mereka ke sejumlah bahan organik untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Ada kekhawatiran pestisida dalam sayuran dan buahan non organik meningkatkan risiko kanker, tapi sejauh ini kekhawatiran itu belum terbukti.

"Tapi jika Anda cemas tentang residu pestisida pada buah dan sayuran, ide yang baik untuk mencuci mereka sebelum makan. Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa lebih dari 9% dari kasus kanker di Inggris dapat dikaitkan dengan faktor makanan, hampir 5% terkait dengan tidak makan cukup buah dan sayuran," jelas Dr Claire Knight, manajer informasi kesehatan badan amal.

Jadi kuncinya adalah pola makan makan yang seimbang antara buah dan sayuran, apakah itu yang organik maupun non organik.

Seperti melansir dailymail,  hasil penelitian termuat dalam British Journal of Cancer. [yy/inilah]