26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Air Kelapa Bantu Atasi Kanker?

Air Kelapa Bantu Atasi Kanker?Fiqhislam.com - Rendah kalori, tanpa lemak, dan bebas kolesterol, lebih banyak kalium dibandingkan empat pisang, dan kaya air. Itulah beberapa kandungan air kelapa.

Dijuluki "minuman olahraga yang alami", air kelapa efektif untuk menghindari dehidrasi tubuh. Selain itu, air kelapa bisa membantu mengatasi masalah kesehatan, seperti kanker atau batu ginjal.

Tapi, apakah air kelapa mampu memberikan semua manfaat yang digembor-gemborkan tersebut?

Air kelapa rasanya manis dan menyegarkan. Minuman ini mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit.

Memiliki kalori lebih sedikit tapi lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga lain. Air kelapa mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram potasium, dan 5,45 mg natrium dibandingkan dengan produk Gatorade, yang memiliki 6,25 kalori, 1,75 gram gula, 3,75 mg kalium, dan 13,75 mg natrium.

Kadar gula air kelapa lebih rendah dibandingkan minuman olahraga lain. Termasuk jika dibandingkan dengan kandungan gula soda dan beberapa jus buah.

"Air kelapa bisa menjadi pilihan lebih baik bagi orang dewasa dan anak-anak yang menyukai minuman yang kurang manis. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi berlebihan," kata Lillian Cheung, DSc, RD, dari Harvard School of Public Health.

Menurut petenis profesional John Isner, air kelapa telah menjaga performanya. "Air kelapa sangat super-hydrating dan telah membuat saya tetap memiliki performa yang baik dalam pertandingan panjang. Selain itu, mencegah saya dari kram. Bahkan dalam kondisi terpanas dan paling lembap sekalipun," kata Isner. [yy/tempo]