fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


27 Ramadhan 1442  |  Minggu 09 Mei 2021

Minyak Jagung Ampuh Turunkan Kolesterol

Minyak Jagung Ampuh Turunkan Kolesterol

Fiqhislam.com - Minyak jagung selama ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Sebuah penelitian menyebutkan, minyak jagung mampu menurunkan kolesterol LDL hampir sebelas persen dibandingkan dengan penurunan miyak zaitun extra virgin sebesar 3,5 persen.

Sebanyak 54 pria dan wanita sehat ambil bagian dalam penelitian itu. Mereka menerima empat sendok makan salah satu minyak dalam makanan yang sama setiap hari. Peneliti mengukur sampel darah para peserta sebelum dan setelah setiap fase pengobatan penelitian.

Memiliki kolesterol tinggi merupakan faktor risiko untuk mengembangkan penyakit jantung. Itu merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 600 ribu orang AS meninggal karena penyakit jantung setiap tahun. Itu berarti kondisi bertanggung jawab untuk 1 dari 4 total kematian tahunan di AS.

Penulis penelitian mengatakan minyak jagung lebih efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin karena memiliki jumlah yang lebih besar dari sterol. Sterol adalah zat yang ditemukan dalam produk, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak sayur.

Dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin yang mengandung 30 miligram sterol per porsi, minyak jagung mengandung sekitar 136 miligram sterol per porsi.

"Hasil studi menunjukkan minyak jagung memiliki efek signifikan lebih besar pada kadar kolesterol darah daripada minyak zaitun extra virgin," kata pemimpin peneliti Dr. Kevin C Maki, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (17/2).

"Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang mendukung manfaat minyak jagung terhadap jantung dan menyelaraskan dengan rekomendasi untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti yang ditemukan dalam minyak jagung," tegas Maki. [yy/jpnn]