19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Masalah Kesehatan yang Muncul pada Usia 40-an

Masalah Kesehatan yang Muncul pada Usia 40-an

Fiqhislam.com - Sebuah studi baru menyatakan lebih dari sepertiga orang paruh baya (berusia antara 46 dan 48 tahun) memiliki beberapa masalah kesehatan kronis. Bahkan tren kesehatannya menuju ke arah yang salah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health, menganalisis 7.951 orang dewasa yang telah dilacak sejak lahir, dan menemukan 34 persen orang dalam kelompok usia tersebut memiliki dua atau lebih kondisi kesehatan jangka panjang. Ini adalah masalah paling umum yang diidentifikasi dalam penelitian ini.

Bagaimana cara mengenali dan mencegahnya? Simak penjelasannya, seperti dilansir di laman Independent.co.uk:

1. Masalah punggung

Sakit punggung secara berkala tidak jarang, tidak selalu memiliki penyebab yang mudah diidentifikasi, dan akan sering hilang dengan sendirinya. Jika tidak hilang dalam beberapa pekan atau bulan, atau memburuk sampai mengganggu keseharian, Anda harus menemui dokter yang akan memeriksa punggung Anda dan menyarankan kemungkinan perawatan.

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi tidak datang dengan serangkaian gejala sederhana. Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah dengan pasti adalah melakukan tes. Daripada mencari tanda-tanda, NHS menyarankan semua orang dewasa di atas 40 untuk memeriksa tekanan darah setidaknya setiap lima tahun. Pasalnya pembacaan yang tidak sehat meningkatkan risiko untuk berbagai penyakit berbahaya termasuk serangan jantung, strok, dan penyakit ginjal.

3. Bronkitis

Bronkitis cenderung berkembang dari pilek, dan sering bermanifestasi sebagai batuk yang dapat menghasilkan lendir, sesak napas, kelelahan, dan ketidaknyamanan di dada. Bronkitis akut sering terjadi, tetapi jika serangan terjadi berulang berarti Anda mungkin menderita bronkitis kronis dan perlu ke dokter.

4. Radang sendi

Istilah umum yang mengacu pada nyeri sendi dan peradangan dalam berbagai bentuk, sering kali terjadi di tangan, pinggul, dan lutut. Radang sendi sering dikaitkan dengan orang tua, tetapi dapat menyebabkan masalah pada usia berapa pun. 

Mengingat banyaknya jenis yang berbeda, penting bagi Anda untuk mengunjungi dokter dan menerima diagnosis yang akurat. Namun sebagian besar pengulangan melibatkan nyeri dan kekakuan sendi, gerakan terbatas, kelemahan, dan kulit merah hangat di sekitar area yang terkena.

5. Diabetes

Ada sekitar 200 ribu diagnosis baru diabetes Tipe 2 setiap tahun di Inggris. Sekitar 3,4 juta orang di negara tersebut saat ini hidup dengannya. 

Gejala awal termasuk penglihatan kabur, rasa haus atau kelelahan yang berlebihan, gatal-gatal di sekitar alat kelamin, luka yang sembuhnya sangat lambat, dan perlu buang air kecil lebih sering dari biasanya. Penyakit ini dapat memburuk dengan cepat jika tidak diobati, jadi sebaiknya segera periksakan ke dokter. [yy/republika]