19 Dzulhijjah 1442  |  Kamis 29 Juli 2021

basmalah.png

Bawang Bombay Bisa Menunda Rasa Lapar, Efektif Menurunkan Berat Badan

Bawang Bombay Bisa Menunda Rasa Lapar, Efektif Menurunkan Berat Badan

Fiqhislam.com - Bawang bombay menjadi salah satu bumbu masak yang membuat sajian makanan jadi terasa segar dan mengundang selera. Begitu pula saat bawang bombay menjadi salah isi menu salad atau juga isian burger. Jelas terasa segar dan menggugah selera.

Tak hanya menggugah selera sajian makanan, bawang bombaymemang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut hasil makroskopis umbi bawang bombay memiliki akar serabut yang berwarna putih memiliki panjang dengan ukuran 9.5 cm, dan tumbuhan batang semu berair berwarna hijau keputihan disertai daun berbentuk silinder berwarna hijau tua.

Setiap satu bawang bombay diperkirakan kandungan kadar air pemberian perlakuan ekstrak etanol 70 persen sebanyak 12.66 persen kadar airnya. Diikuti kandungan kadar sari larut air sebanyak 14.36 persen, dan kadar sari larut etanol 23.04 persen.

Dari berbagai penelitian, umunya mengemukakan bahwa dalam bombay selalu ada kandungan nutrisi senyawa flavonoid, saponin, fenol, dan triterpenoid. Adapun kadar flavonoid dan fenol total dalam bawang bombay masing-masing sebanyak 0.12 gram dan 3,09 gram.

Tumbuhan bernama ilmiah Allium cepa L ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti pemaparan berikut:

Penurun Gula Darah

Kandungan kuersetin yang termasuk pada golongan flavonoid sering dikaitkan sebagai sifat antioksidan kuersetin yakni mampu merangkap radikal bebas. Pada penelitian lain disebutkan bahwa manfaat bawang bombay berkhasiat sebagai penurun kadar lemak dalam darah dan diuretic.

Sebagai Antioksidan

Antioksidan dalam bawang bombay dihasilkan dari peranan kandungan adalah sumber nutrisi yang kaya akan polifenol.

Menutrisi Rambut pada Tubuh

Ada beberapa tersebar titik-tik pada tubuh manusia yang disertai sejumlah rambut, jika kndoso rambut tersebut nampak sehat maka dapat membantu mendorong hasil penampilan sangat baik. Misalnya seperti rambut.

Rambut bagi sebagaian orang dianggap sebagai mahkota, maka tak jarang banyak orang melakukan perawatan supaya memiliki rambut sehat, namun sekarang untuk mengakali perawatan rambut sehat dengan cara alami yakni gunakan bawang bombay.

Pada bawang bombay terdapat kandungan belerang (dietary sulfur). Sulfur merupakan adalah salah satu mineral yang paling umum di dalam tubuh. Ini diperlukan untuk produksi enzim dan protein yang memadai. Sulfur juga ditemukan pada keratin.

Keratin sendiri menjadi bagian penting pada bagian rambut, bersamaan dengan hal tersebut folikel rambut yang ternutrisi menjadi meningkat volumenya, kekuatan rambut sampai rambut tampak berkilau serta meminimalisir kerusakan rambut.

Tak hanya itu saja, menurut Nonverbal Learning Disorders Association, bawang bombay yang telah diolah menjadi jus dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut cegah uban dan ketombe. Aktivitas ini karena terjadi percepatan sirkulasi darah ke kulit kepala serta jumlah kolagen yang mempengaruhi produksi rambut baru.

Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

Bawang bertindak seperti makanan probiotik yang berperan sebgai asupan bagi bakteri dalam usus pencernaan, sehingga semakin membuat tahan lama datangnya rasa lapar. Secara tidak langsung konsumsi bawang bombay mentah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat saat dimakan mentah. [yy/Tika Ayu/tempo]