19 Dzulhijjah 1442  |  Kamis 29 Juli 2021

basmalah.png

Ketika Tubuh Terasa Letih dan Lesu, Anda Butuh Asupan 5 Makanan Ini

Ketika Tubuh Terasa Letih dan Lesu, Anda Butuh Asupan 5 Makanan Ini

Fiqhislam.com - Saat badan mulai merasa lelah, letih dan lesu sepanjang hari, itu berarti tubuh kekurangan energi. Hal itu sering terjadi karena kurangnya asupan nutrisi dalam pola makan Anda.

Sering kali orang menyepekan hal tersebut, hingga pada akhirnya banyak orang memilih jalan pintas dengan mengonsumsi minuman berenergi untuk menambah stamina. Hal tersebut memang menimbulkan efek segar dan bertenaga akan tetapi hal itu sifatnya sementara saja.

Apabila Anda terus mengonsumsi minuman berenergi pada tubuh lelah, itu akan berdampak buruk bagi kesehatan lambung dan hati Anda. Hindari minuman berenergi dan ubah pola makan Anda segera untuk mendapat nutrisi yang cukup.

Berikut ini 5 makanan yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan energi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kacang Polong

Kacang polong salah satu makanan untuk meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan kacang polong sebagai sumber energi, vitamin B, riboflavin, dan niacin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein, buncis sarat dengan nutrisi yang sama-sama bermanfaat bagi vegetarian dan nonvegetarian.

2. Telur

Telur adalah makanan tinggi protein dan bergizi. Satu telur utuh mengandung 6 gram protein dan mikronutrien lain yang dibutuhkan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik. Kuning telur juga memiliki kasiat yang baik dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Mereka menyediakan 30% dari nilai protein harian Anda dan asam amino yang sangat berguna yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kembali otot.

3. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh karena mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin B, vitamin E dan serat yang tinggi. Anda pasti tahu bahwa kacang adalah pilihan camilan yang baik, jadi konsumsi kacang almond untuk membantu menjaga energi tetap mengalir ke seluruh tubuh.

4. Ikan Salmon

Merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menambah energi. Penuh dengan asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat bagi metabolisme dan kekebalan tubuh, ikan salmon merah muda ini juga mengandung protein dan vitamin yang membantu mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi yang bermanfaat.

5. Pisang

Buah berkulit kuning ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Makanan ini merupakan makanan yang di minati masyrakat. Dengan komposisi gula yang seimbang (fruktosa, glukosa dan sukrosa) dan serat yang tinggi, Pisang adalah buah yang harus Anda konsumsi rutin ketika Anda membutuhkan dorongan energi instan setelah melalukan kegiatan berolahraga atau setelah melakukan olahraga luar ruangan. [yy/sindonews]