18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

8 Manfaat Bayam Merah bagi Kesehatan

8 Manfaat Bayam Merah bagi Kesehatan

Fiqhislam.com - Mengapa ada bayam merah? Pada dasarnya, bayam merupakan salah satu sayur yang sering dikonsumsi dan mudah dijumpai. Sayuran ini memiliki nama latin Amaranthus tricolor. Bayam mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, serta vitamin E.

Bayam juga memiliki kandungan mineral-mineral utama yang dibutuhkan tubuh seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam kaya akan serat dan antioksidan. Selain itu, kalori dan lemak pada bayam hanya sedikit.

Mengapa Bisa Bayam Berwarna Merah? Jenis bayam yang lebih populer adalah bayam yang berwarna hijau. Namun, pernahkah Anda menemui bayam berwarna merah? Mengapa bayam bisa berwarna merah? Jawabannya, bayam bisa berwarna merah karena kandungan pigmen betasianin dan antosianin yang tinggi. Kandungan kedua pigmen tersebut lebih tinggi di dalam bayam merah, dibandingkan dalam bayam hijau.

Dokter berpendapat bahwa semakin cerah warna makanan, semakin baik untuk kesehatan. Bayam merah menduduki peringkat yang tinggi dalam hal menawarkan manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan:

Mengatasi Anemia

Bukan fakta tersembunyi bahwa kebanyakan wanita di seluruh dunia menderita anemia. Salah satu penyebab utamanya adalah proses menstruasi bulanan yang menyebabkan kehilangan banyak darah. Oleh sebab itu, para wanita perlu mengonsumsi makanan kaya zat besi. Salah satu sumbernya adalah bayam merah. Bayam merah dikenal dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan membersihkan darah dalam tubuh.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Sebagian besar dari kita menjalani gaya hidup yang tak banyak bergerak. Kebiasaan ini tak hanya meningkatkan kadar kolesterol dan berat badan, tetapi juga berdampak pada kesehatan pencernaan.

Apabila Anda sering mengalami sembelit, maka bayam merah adalah solusi yang cocok untuk Anda. Bayam mengandung banyak serat, yang dikenal baik untuk meningkatkan pergerakan usus.

Menguatkan Tulang

Agar aktivitas dapat berjalan lancar, tulang Anda harus tetap kuat bergerak. Tulang menopang berat semua organ di tubuh dan membantu kita bergerak. Jika tulang sudah rapuh, maka segala aktivitas otomatis ikut terganggu.

Susu dan produk olahannya dikenal baik sebagai salah satu sumber kalsium terbaik. Namun, bayam merah tak kalah daam hal ini. Bayam merah mengandung vitamin K yang mampu mengurangi kemungkinan penyakit tulang. Bayam merah juga bagus untuk anak-anak karena membuat tulang menjadi kuat dan mencegahnya retak.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa alasan bagi orang untuk menurunkan berat badannya. Meskipun beberapa bersifat turun-temurun, berat badan juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat. Untuk menjaga berat badan yang ideal, Anda harus mengonsumsi banyak serat dan berolahraga secara teratur.

Bersamaan dengan itu, Anda juga perlu menambahkan makanan seperti bayam merah ke dalam makanan Anda. Sebab, bayam merah memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan berat badan. Beberapa nutrisi di antaranya seperti protein, serat makanan, dan antioksidan. Semua nutrisi ini baik untuk menurunkan kadar insulin Anda dan membantu menurunkan berat badan.

Mengobati Disentri

Batang bayam merah ternyata bagus untuk mengobati disentri. Caranya, siapkan sekitar 10 batang bayam merah dan cuci kemudian dihaluskan menjadi pasta. Tambahkan garam dan saringlah cairannya. Anda dapat meminum larutan ini satu kali setiap hari untuk menghilangkan masalah disentri.

Menjaga Tekanan Darah

Bayam merah cukup rendah kalori dan tinggi akan kalium. Bayam juga mengandung lebih sedikit kadar natrium, sehingga baik untuk pasien hipertensi. Bayam merah dapat membantu mengatur tekanan darah dan menurunkan tekanan pada jantung Anda. Anda dapat mengonsumsi satu porsi bayam merah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan.

Bersifat Antikanker

Bayam Merah dikenal dengan khasiatnya sebagai penangkal kanker. Kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi pada bayam merah dikenal dapat mencegah berbagai jenis kanker. Kandungan itersebut mampu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh yang menyebabkan munculnya sel tumor.

Mengurangi Mata Panda

Lingkaran hitam di bagian sekitar mata atau mata panda merupakan hal yang tak diinginkan. Bayam merah dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dengan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Bayam merah juga dapat mencegah kekurangan nutrisi dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah. Dengan begitu, pigmen gelap, kantung mata, dan mata bengkak pada mata dapat berkurang. [yy/tempo]