fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


2 Syawal 1442  |  Jumat 14 Mei 2021

Ahli Gizi: Puasa Dapat Pulihkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ahli Gizi: Puasa Dapat Pulihkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fiqhislam.com - Puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh.Hal itu diungkap Ahli Gizi dari UEA, Sushma Ghag, seperti dilaporkan Khaleejtimes, Ahad (4/4).

“Virus Covid-19 telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia dan menewaskan ribuan orang, terutama penderita Imunodefisiensi. Menjalani hidup sehat dan sistem kekebalan yang kuat dianggap sebagai tindakan pencegahan yang efektif untuk melawan virus. Olahraga dan nutrisi yang tepat adalah faktor terpenting untuk mendukung fungsi kekebalan,”kata Sushma Ghag, ahli gizi di Aster Hospital Mankhool.

Danya Al Atrash, ahli diet klinis di Burjeel Hospital for Advanced Surgery, Dubai, mengungkap, penelitian telah menunjukkan banyak manfaat puasa, terutama puasa berselang telah berada di daftar teratas pola diet yang paling umum dan diikuti.

“Bedanya, di bulan Ramadhan, orang dilarang mengonsumsi air dan makanan dari senja hingga fajar selama 30 hari. Ketika puasa dijalani dengan baik, Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai hidup sehat dan memperkuat diet yang Anda jalankan,"katanya.

“Mengingat pandemi Covid-19 kita harus menjaga daya tahan tubuh kita kuat selama berpuasa. Jadi, memastikan kalori yang cukup selama jam makan yang diizinkan sangatlah penting. Kita harus memasukkan cukup makronutrien (karbohidrat, protein, lemak), dan mikronutrien ((Vitamin C, Besi, seng, dll), ”kata Danya.Menurut Sushma, sudah banyak penelitian tentang pengaruh puasa Ramadhan terhadap sistem kekebalan tubuh. Kesimpulannya, puasa dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh.

“Sistem imun dalam tubuh manusia merupakan organisasi yang terdiri dari sel dan molekul yang berperan dalam pertahanan terhadap infeksi,” tambahnya.

Puasa setidaknya selama tiga hari memungkinkan tubuh untuk mulai memproduksi sel darah putih baru, yang meremajakan sistem kekebalan untuk melawan infeksi.

Tips Ramadhan yang sehat

1. Konsumsi protein tanpa lemak dalam jumlah yang cukup untuk rasa kenyang dan menjaga massa otot.

2. Makanlah makanan yang bervariasi, termasuk banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

3. Memperbanyak serat untuk pencernaan yang baik.

4. Pilihlah makanan penutup yang sehat

5. Berolahragalah secara teratur dan pilih waktu yang sesuai. [yy/republika]