fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

Kapan Boleh Makan Setelah Olahraga?

Kapan Boleh Makan Setelah Olahraga?Fiqhislam.com - Setelah berolahraga, tubuh memerlukan nutrisi untuk mengganti kalori yang sudah terbakar ketika berolahraga. Tapi kapan sebaiknya orang harus makan setelah berolahraga?

Nutrisi yang dikonsumsi setelah berolahraga bisa mempengaruhi faktor pemulihan tubuh menjadi lebih cepat, serta memperoleh kebugaran, mempertahankan dan membangun otot-otot di tubuh.

Namun kondisi ini tergantung dari makanan apa yang dikonsumsi setelah ia berolahraga, karena beberapa makanan bisa memicu percepatan pemulihan tapi ada juga yang memperlambat pencernaan sehingga tubuh kekurangan energi.

Satu jam pertama setelah selesai latihan dianggap sebagai 'golden hour', karena pada saat itu bagian tubuh yang menyimpan glikogen telah habis. Untuk itu tubuh harus mendapatkan asupan glukosa untuk mendapatkan energi kembali dan mengganti simpanan glikogen yang hilang.

Selain itu hal yang tak kalah penting adalah seseorang perlu mengonsumsi cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Penggantian simpanan glikogen, cairan dan ion tubuh yang hilang ini harus dimulai dalam waktu 30 menit setelah olahraga untuk meningkatkan proses pemulihan tubuh, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (5/1/2012).

Selain air, makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga harus mengandung protein dan karbohidrat seperti:

 

  1. Buah kering dan kacang
  2. Buah atau jus sayuran bersama dengan sandwich ayam atau sandwich sayuran (sebaiknya pilih roti yang berwarna cokelat)
  3. Omelet sayuran dengan roti
  4. Cokelat susu
  5. Sereal dengan susu
  6. Roti panggang dan telur


Namun sebaiknya hindari mengonsumsi lemak setelah olahraga karena bisa memperlambat pencernaan. Kondisi ini akan mempengaruhi pencernaan dari protein dan juga karbohidrat.

Vera Farah Bararah - detikHealth