fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


27 Ramadhan 1442  |  Minggu 09 Mei 2021

Atasi Sakit Maag dengan 7 Bahan Alami

Atasi Sakit Maag dengan 7 Bahan Alami

Fiqhislam.com - Sakit Maag adalah luka yang berkembang di lapisan lambung dan bisa diatasi dengan beberapa pengobatan alami. Sakit mag banyak diderita orang yang penyuka makanan pedas.

Sebenarnya penganan pedas bukan penyebab utama sakit maag, tapi bisa memperburuk dengan meningkatkan produksi asam lambung.

Seperti dilansir Medical News Today, sakit maag disebabkan infeksi bakteri Helikobakter Pylori, dan penggunaan ibuprofen atau aspirin dalam jangka panjang.

Namun ternyata sakit mag bisa diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini di antaranya.

1. Probiotik

Probiotik adalah organisme hidup yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Menurut penelitian, probiotik dapat mengurangi bakteri berbahaya dengan mempercepat proses penyembuhan dan memperbaiki beberapa gejala. Probiotik dapat ditemui pada makanan fermentasi dan yogurt.

2. Jahe

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa mengatasi sakit maag yang disebabkan bakteri helicobacter pylori.

3. Buah berwarna-warni

Warna pada buah mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mengatasi sakit maag, kejang, dan diare. Senyawa ini akan melindungi lapisan perut dengan meningkatkan lendir yang menghambat pertumbuhan helicobacter pylori. Temukan senyawa ini pada apel, bluberi, ceri, lemon, dan jeruk.

4. Kunyit

Kunyit mengandung kurmumin yang memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sejauh ini penelitian mengatakan bahwa kunyit dapat membantu meredakan sakit maag dan sariawan.

5. Bawang putih

Mengurangi infeksi bisa dibantu dengan mengonsumsi bawang putih yang mengandung antibakteri dan antimikroba ini. Sudah terbukti studi bahwa memakan dua siung bawang putih dua kali sehari dapat mencegah pertumbuhan bakteri helicobacter pylori.

6. Suplemen licorice

Terbukti oleh penelitian bahwa suplemen licorice dapat membantu meredakan sakit maag dengan mencegah pertumbuhan bakteri pada lambung.

7. Lidah buaya

Tidak hanya memberikan manfaat bagi kulit, lidah buaya juga bisa mengobati sakit maag. Mengonsumsi lidah buaya bisa meredakan radang lambung yang menyebabkan asam lambung naik. Caranya daun lidah buaya diolah menjadi jus dan minum sebelum makan. [yy/okezone]