22 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 28 Oktober 2021

basmalah.png

KANKER itu Seperti ‘Macan Tidur’

KANKER itu Seperti ‘Macan Tidur’ Fiqhislam.com - Penyakit kanker pada anak sulit dideteksi penyebabnya, sehingga pencegahannya juga tidak mudah.

"Walau susah dicegah, bukan berarti orangtua pasrah saja jika anaknya terserang penyakit kanker," kata Ekowati Rahajeng, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, di Jakarta Jumat 13 Januari.

Dia menuturkan pada orang dewasa, munculnya penyakit kanker terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan jarang olahraga, sehingga bisa dicegah.

Namun pada anak, lanjutnya, gaya hidup bukan faktor pencetus utamanya, sehingga jauh lebih sulit untuk melakukan pencegahan.  

Ekowati menjelaskan pada anak kanker diduga merupakan interaksi dari empat faktor, yaitu karena genetik, zat kimia, virus, dan radiasi.

“Semua faktor tersebut tidak selalu bisa dicegah, terutama genetik yang diperoleh sebagai bawaan sejak lahir. Begitu juga dengan zat kimia, anak bisa saja terpapar zat tersebut saat berada dalam kandungan, terutama ketika si ibu mengomsumsi  obat atau makanan yang terkontaminasi karsinogen.”

Dia menuturkan orangtua masih bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi dampak kanker pada anak, yaitu melalui deteksi dini. Sebab, kanker pada anak bisa disembuhkan asal belum terlambat.

Sementara itu, Edy Tahuteru, pakar onkologi anak dari RS Kanker Dharmais, mengatakan kanker seperti ‘macan tidur’. Pada orang dewasa, si ‘macan ‘bisa dicegah agar tidak bangun, sementara pada anak, macan itu sudah bangun sejak anak itu lahir.

bisnis.com