23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Miras Campur Obat Batuk Tewaskan 22 Warga India Setelah Sebelumnya 143 Tewas

Fiqhislam.com - Pejabat India melaporkan, 22 orang buruh tewas dan 31 orang jatuh sakit setelah menenggak minuman keras (miras) oplosan yang mengandung campuran obat batuk.

Miras Campur Obat Batuk Tewaskan 22 Warga India Setelah Sebelumnya 143 TewasMiras itu diracik dengan bahan dasar berupa obat batuk, namun tanpa disadari miras itu menimbulkan racun yang merenggut nyawa dari 22 orang warga Negeri Bollywood itu. Pihak rumah sakit di Negara Bagian Orissa, mengatakan, para buruh yang menenggak miras itu jatuh sakit selama dua hari.

Para warga di India seringkali membeli miras yang dibuat dari campuran sirup dan obat yang mengandung bahan kimia metanol serta berbagai zat kimia lainnya. Pejabat India pun langsung mendesak agar digelarnya penyelidikan, terkait kasus miras maut itu. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Rabu (8/2/2012).

Hingga saat ini, dua perusahaan farmasi yang memproduksi obat batuk sudah ditutup, seiring adanya kabar mengenaskan ini.  

Pada Desember lalu, 143 warga India dikabarkan tewas dalam insiden yang sama. Gubernur Bengal Barat Mamata Banerjee bahkan bersumpah akan menggelar razia peredaran miras berbahaya di India.

Zat kimia yang terkandung dalam miras tersebut langsung membakar perut para pengkonsumsi dan menewaskannya seketika.

Aulia Akbar | okezone.com