fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


2 Ramadhan 1442  |  Rabu 14 April 2021

Bisakah Orang dengan Satu Ginjal Hidup Normal?

Bisakah Orang dengan Satu Ginjal Hidup Normal?Fiqhislam.com - Dokter dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) menjelaskan bahwa daya cadang ginjal manusia adalah empat kali kebutuhan tubuh untuk melakukan ekskresi atau penyaringan racun di dalam tubuh.

Itu sebabnya, orang yang hanya memiliki satu ginjal dapat hidup sebagaimana orang normal.

Wakil Sekretaris Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, mengatakan, orang dengan satu ginjal masih bisa hidup normal karena masih memiliki cadangan ginjal dengan fungsi dua kali kebutuhan tubuh. Namun tentunya harus dalam kondisi sehat.

"Kita punya dua ginjal, daya cadang ginjal kita empat kali kebutuhan tubuh. Kalau kita sehat masih ada cadangan empat kali kebutuhan tubuh, kalau satu diambil, masih ada dua kali dari kebutuhan tubuhnya," kata Pringgodigdo.



Dia menjelaskan, apabila ada orang yang mendonorkan ginjalnya kepada pasien penderita gagal ginjal kronik, pendonor tersebut masih bisa hidup normal. Bahkan, ada studi yang menungkapkan bahwa orang yang hidup dengan satu ginjal karena telah mendonorkan ginjalnya memiliki kualitas hidup yang lebih sehat dibandingkan orang yang masih memiliki dua ginjal.

Namun Pringgodigdo menegaskan bahwa mendonorkan ginjal bukan suatu alasan untuk hidup lebih sehat. Orang yang mendonorkan ginjalnya, kata dia, bisa lebih menjaga pola hidupnya menjadi lebih sehat.

"Pendonor ginjal menerapkan pola hidup sehat karena menyadari ginjalnya hanya tinggal satu," ujar Pringgodigdo. [yy/republika]

 

Tags: Ginjal