23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

5 Sayur Sehat Ini Bisa Jadi Sangat Berbahaya

5 Sayur Sehat Ini Bisa Jadi Sangat BerbahayaFiqhislam.com - Kamu penggemar sayur segar? mungkin kamu harus berhati-hati jika ingin mengonsumsinya. Sebab ternyata beberapa sayur segar ini justru bisa berubahah menjadi racun yang sangat membahayakan tubuh. Apa saja itu?

1. Kentang
Makanan diet pengganti nasi ini rupanya memiliki kandungan racun yang disebut solanin dan chaconine. Ciri-ciri kentang yang beracun ialah yang masih berwarna hijau, yang bertunas, dan yang sudah rusak atau busuk.

2. Sawi
Sayur berdaun hijau memang menyehatkan, begitu juga dengan dun sawi. Tapi ternyata sawi juga bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Sawi mengandung oksalat yang lumayan tinggi. Zat ini akan menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit ginjal.



3. Bayam
Bayam akan berubah menjadi makanan jahat jika dibiarkan terlalu lama terpapar oksigen bebas. Zat besi pada bayam akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi ferri-yaitu zat yang beracun. Jika tidak ingin keracunan sebaiknya jangan menunda memasak sayur bayam dan jangan memanaskannya kembali jika sudah dimasak.

4. Mentimun
Jangan pernah sesekali makan mentimun yang sudah berwarna kuning. Sebab mentimun akan berubah menjadi makanan yang bercaun jika dibiarkan terlalu lama hingga layu dan berwarna kekuning-kuningan.

5. Kol
Kol mengandung goiterogen yang bisa menyebabkan perut kembung. Zat ini merangsang pembentukan gas dalam lambung. Selain itu, jika kol atau kubis dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan sakit gondok. [yy/sindonews]

 

Tags: Sayur | Kentang | Sawi | Bayam | mentimun