23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Sejumlah Antioksidan Dapat Merusak DNA

Fiqhislam.com - Beberapa antioksidan rupanya seperti pedang bermata dua. Zat ini mampu menyembuhkan orang sakit namun dapat pula merusak DNA dan membunuh sejumlah sel di tubuh orang sehat. Demikian diwartakan geniusbeauty.com, Jumat (6/4) waktu setempat.

Sejumlah Antioksidan Dapat Merusak DNAKyungjae Myung, ahli genetik dan molekul biologi National Human Genome Research Institute, terkejut terhadap hasil temuan ini. Tidak semua antioksidan rupanya baik untuk tubuh. Beberapa komponen zat ini memang terbukti berguna dalam pengobatan kanker, tapi juga dapat berbahaya bila diterapkan pada pasien penderita penyakit lain, semisal diabetes.

Banyak orang berlomba-lomba meningkatkan level antioksidan dengan mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan suplemen vitamin. Antioksidan diyakini mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan terjadi reaksi kimia acak dalam tubuh, dimana terkadang merusak komponen sel termasuk DNA. Hal ini dapat berujung pada munculnya beragam penyakit.

Dokter Myung mengaku perlu lebih jauh mempelajari temuannya terkait antioksidan. Bila teori ini terbukti benar, maka akan terjadi perubahan fundamental terhadap fungsi antioksidan dalam dunia medis. Sejauh ini, para ilmuwan baru memfokuskan perhatian pada 22 jenis antioksidan yang merusak DNA, seperti resveratrol, genistein, dan baikalein.

metrotvnews.com