14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

Serat Tinggi Rebung Efektif Turunkan Kolesterol

Fiqhislam.com - Olahan rebung seperti lumpia dan gulai rebung sangat lezat. Namun karena aromanya, banyak yang menghindari makanan yang dari tunas bambu ini. Rupanya, rebung punya banyak khasiat, di antaranya baik untuk kolesterol!

Serat Tinggi Rebung Efektif Turunkan KolesterolRebung merupakan sumber serat yang tinggi. Para peneliti mengungkapkan jika rutin mengonsumsi olahan rebung, maka tingkat kolesterol jahat bisa menurun. Rebung juga jadi makanan yang pas untuk orang dengan gaya hidup tak teratur dengan pola makan tak menentu. Konsumsi rebung merupakan cara yang alami dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kandungan serat yang tinggi dalam tunas bambu atau rebung ini bisa melancarkan proses penyerapan makanan dan menyembuhkan konstipasi. Rebung juga cocok buat yang ingin menurunkan bobot tubuh, karena bisa menyerap lemak dan membuangnya bersama kotoran.

Rebung memang mengandung nutrisi yang tinggi. Rebung mengandung serat, kalium, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta zat besi. 120 gram rebung mengandung 24 mg fosfor, 640 mg potassium, juga 288 mg sodium di dalamnya.

Kandungan potassium dalam rebung bisa menurunkan tekanan darah tinggi, juga memperlancar peredaran darah. Ada juga kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang membantu tubuh mencegah berbagai penyakit. Sebuah penelitian di Jepang juga menemukan bahwa rebung memiliki kandungan anti kanker dan bisa mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Karena aromanya yang dirasa kurang sedap, banyak yang tak menyukai rebung. Padahal jika diolah dengan baik, rebung bisa jadi makanan lezat tanpa aroma mengganggu. Untuk mengolahnya, cuci bersih rebung terlebih dahulu. Kemudian direbus dalam air, dan ganti air rebusannya. Bisa juga gunakan air kelapa. Umumnya, rebung diolah menjadi makanan berkuah, dijadikan keripik, ataupun jadi isian lumpia yang lezat.

detikFood