fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

Risiko Mengonsumsi Suplemen Berlebihan

Fiqhislam.com - konsumsi suplemen berbahan herbal mungkin menjadi pilihan bagi mereka yang ingin terlihat sehat dan bugar.

Risiko Mengonsumsi Suplemen BerlebihanNamun dalam sebuah penelitian disebutkan, penggunaan suplemen sebenarnya bisa menjadi bmerang jika dikombinasikan dengan ragam obat kesehatan lainnya.

“Suplemen berbahan dasar alami tidak sama dengan suplemen kimia. Jika disatukan mereka justru akan tidak berfungsi. Efek dari suplemen herbal atau makanan dan makanan fungsional seperti minuman energi bisa sulit diprediksi,” papar Catherine Ulbricht, salah seorang apoteker senior di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Bagi Ulbricht, penggunaan suplemen herbal dan obat kimia dapat menimbulkan risiko yang paling umum seperti sakit kepala, hingga pendarahan. Risiko tersebut tidak berpengaruh terhadap usia dan keluhan penyakit yang diderita sebelumnya.

Ia menyarankan, konsumsilah suplemen sesuai dengan petunjuk dokter. Olah raga dan mengonsumsi jenis makanan sehat sepatutnya adalah pilihan tepat untuk tetap sehat dan juga bugar.

mediaindonesia.com