25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

Berapa Lama Lemak Makanan Capai Pinggang?

Fiqhislam.com - Para peneliti di Oxford University telah menemukan lemak dalam makanan dapat dikonversi ke dalam jaringan tubuh hanya dalam tiga jam.

Berapa Lama Lemak Makanan Capai Pinggang? Jika seseorang terus makan berlebihan, lemak juga akan dipindahkan ke dalam jaringan sekitar pinggul dan paha belakang.

Penelitian yang digelar oleh Fredrik Karpe dan Keith Frayne menemukan lemak dari makanan apa pun memasuki darah sekitar satu jam setelah tertelan. Tiga-empat jam setelahnya, sebagian besar telah masuk jaringan adiposa yang sebagian besar terletak pada cadangan lemak di pinggang. Ini tentu berdampak langsung pada berat badan Anda. Sebelumnya, banyak yang percaya proses penyerapan lemak jauh lebih bertahap di mana makanan dari usus ke dalam darah lalu dikonversi otot disimpan sebagai lemak.

Tapi, penelitian Oxford University menunjukkan lemak adalah bukan tersalurkan ke seluruh tubuh dalam aliran darah, melainkan ditangkap dan disimpan dahulu.

Profesor kedokteran metabolic Karpe mengatakan, "Proses ini sangat cepat. Sel-sel dalam jaringan adiposa di sekitar pinggang menangkap tetesan lemak pada darah lalu membawa mereka dan menggabungkannya ke dalam sel untuk penyimpanan."

"Jika makan terlalu banyak, Anda tidak masuk ke tahap mobilisasi. Itu hanya akan menjadi akumulasi konstan dan Anda akan mulai menambah berat badan," tambahnya.

Hasil penelitian yang dimuat dalan jurnal Physiological Reviews ini diterbitkan hanya beberapa hari setelah peneliti Inggris menyarankan bahwa orang harus menggunakan ukuran pinggang mereka untuk menentukan risiko kelebihan berat badan.

Dr Margaret Ashwell pada Kongres Obesitas Eropa di Lyon, Prancis, juga berujar bahwa menjaga lingkar pinggang akan membantu meningkatkan angka harapan hidup.

mediaindonesia.com