22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Tubuh Cepat Lelah, Ini Penyebabnya

Fiqhislam.com - Mungkin Anda sering merasakan cepat lelah. Meskipun hanya bekerja di belakang meja, tanpa melakukan kegiatan fisik yang berarti. Anda tidak sendirian, banyak orang mengalami hal yang sama.

Tubuh Cepat Lelah, Ini PenyebabnyaPada wanita, jumlah keluhan seperti ini lebih banyak di bandingkan dengan pria. Terutama pada wanita yang juga bekerja kantoran. Tugas yang menumpuk dan merawat anak sepulang kerja, adalah dua hal wajib bagi mereka. Sebenarnya, apa yang membuat Anda menjadi cepat lelah?

- Depresi
Tingginya tingkat depresi juga memicu kelelahan. Payahnya, depresi ini lebih sering terjadi pada kaum wanita. Jika Ada merasa stres atau cemas, coba konsultasikan pada dokter untuk mengembalikan kesehatan mental, dan suplemen apa yang dapat mengatasinya.

- Melewatkan sarapan
Apakah itu karena Anda terlalu sibuk, atau apapun, melewatkan sarapan akan menurunkan energi secara drastis. Tubuh membutuhkan bahan bakar di pagi hari untuk memulai metabolismenya. Jika tidak memiliki waktu duduk berlama-lama di meja makan, Anda dapat menggantinya dengan sarapan praktis yang tinggi protein dan karbohidrat.

- Terlalu banyak kafein
Biasanya kita mengkonsumsi kopi di pagi hari untuk meningkatkan konsentrasi. Bagi Anda penggemar kopi, batasi asupan kafein setiap harinya. Asupan kafein yang terlalu banyak justru akan memperburuk suasana hati sehingga Anda merasa lelah.

- Masalah tiroid
Biasanya ini terjadi saat Anda juga menjalankan program penurunan berat badan. Tubuh akan mengalami gangguan pada metabolisme karena kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon yang cukup. Ilmu kedokteran menyebutnya hipotiroidisme. Ini berisiko pada  infertilitas, penyakit jantung dan kerusakan sendi.

- Alergi
Jika Anda merasa capek setelah mengkonsumsi makanan, bisa jadi tubuh alergi terhadap bahan makanan tersebut. Roti misalnya, gluten yang terkandung di dalamnya adalah elemen yang dapat menyebabkan kelelahan pada mereka yang tidak dapat menerimanya.

vivanews.com

 

Jenis Vitamin Pengusir Rasa Lelah

Fiqhislam.com - Meski sudah beristirahat dengan cukup, terkadang Anda masih saja merasa cepat lelah. Bisa jadi ini karena daya tahan tubuh yang menurun. Atau tidak tercukupinya energi dalam tubuh.

Jenis Vitamin Pengusir Rasa LelahCoba atur kembali pola makan Anda, apakah Anda sudah menerapkan menu sehat untuk memenuhi kebutuhan nutris tubuh. Energi tubuh bukan diukur dari banyaknya takaran makanan yang masuk, tetapi seberapa banyak vitamin yang sudah diserap tubuh. Seperti dilansir My Daily Moment, dua jenis vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membentuk energi yang cukup.

- Vitamin B12
Dari sekian jenis vitamin, vitamin B12 menjalankan tugasnya untuk menjaga energi dengan meningkatkan oksigen pada sel darah merah. Jika kebutuhan ini tidak tercukupi, biasanya Anda akan diikuti dengan rasa mengantuk dan bahkan sembelit.

Efek lain yang ditimbulkan adalah melemahnya memori otak dan sering merasa kebingungan. Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak daging dan susu untuk mendapatkan jumlah vitamin B12 yang tinggi.

- Vitamin D
Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk tubuh. Anda disarankan melakukan aktivitas ringan diluar ruangan saat pagi hari untuk mendapatkan vitamin D, saat tubuh terpapar matahari. Namun, sejak ditemukannya kasus kanker kulit yang disebabkan oleh sinat ultraviolet, orang sangat menghindari panasnya matahari.

Rendahnya kadar vitamin D pada tubuh memberikan kontribusi pada rasa lelah, nyeri dada, dan tekanan darah tinggi. Sebagai suplai vitamin D, Anda dapat meningkatkannya dengan menambahkan suplemen yang mengandung 800 IU vitamin D dalam setiap tabletnya. Atau dengan menambahkan konsumsi ikan dan telur pada daftar menu Anda.

vivanews.com