26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Efektifkah Mengkonsumsi Suplemen Serat?

Fiqhislam.com - Bagi Anda yang sangat sibuk dan seringkali tak cukup sempat untuk makan makanan berserat, karena lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang lebih mudah diperoleh, dan selalu ada setiap saat.

Efektifkah Mengkonsumsi Suplemen Serat?Kebutuhan serat tubuh sangat penting untuk menurunkan kolesterol dan mencegah konstipasi pencernaan. Dan tentunya meski sesibuk apapun Anda, perlulah untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan serat.

Maka dari itu beberapa perusahaan obat telah membuat atau menciptakan suplemen serat yang dapat dijadikan sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan serat Anda.

Namun, tentu perlu dipahami bahwa tidak semua produk dapat dengan mudah dikonsumsi karena memang ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Beberapa pakar gizi merekomendasikan suplemen yang larut air karena beberapa alasan.

Pertama, kelebihan yang dimiliki suplemen larut air yakni tidak mudah menggumpal dan tidak akan menimbulkan penimbunan (bulk mass) di usus.

Kedua, serat larut air merupakan suplemen yang dapat menjaga kestabilan gula darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Ketiga, serat larut air aman dikonsumsi karena tidak meningkatkan kadar asam dalam lambung sehingga baik untuk penderita maag.

Dan terakhir jenis serat yang larut air dapat membatu memelihara kesehatan pencernaan perut, yang pada akhirnya memenuhi kebutuhan serat tubuh secara keseluruhan dan dapat diserap tubuh untuk diolah dan dicerna.

Serat makanan akan menghasilkan reaksi fisiologis yang tergantung pada sifat fisik dan kimia sumber serat, sehingga reaksi yang ditimbulkan diantaranya meningkatkan massa feses (kotoran) dan tentunya manfaat dalam penurunan kadar kolesterol plas,a serta respon organic glikemik pada makanan. Dengan kata lain serat akan mampu mengikat makanan untuk kemudian dimaksimalkan proses pencernaannya dan mengikat kadar lemak yang ada untuk kemudian dibuang lewat proses mekanisme pencernaan. Dalam beberapa kesempatan juga dimanfaatkan untuk diet.

Dengan fakta demikian, maka penuhilah kebutuhan serat Anda demi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

landscappist.com