22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Manfaat Tomat untuk Paru-paru

Manfaat Tomat untuk Paru-paru


Fiqhislam.com - Tomat tak hanya baik untuk menjaga mata saja. Penemuan terbaru mengungkap bahwa tomat memiliki manfaat yang besar untuk paru-paru.

Diberitakan Independent, mengkonsumsi  tomat dan apel bisa membantu memperbaiki kerusakan paru, khsusunya pada mantan perokok.

Studi tersebut mengungkapkan orang dewasa yang mengkonsumsi dua tomat dan lebih dari tiga porsi apel sehari menunjukkan penurunan fungsi paru yang lebih lambat dibandingkan mereka yang makan kurang dari satu di antaranya.

Kendati begitu, manfaat tersebut berlaku hanya untuk mereka yang mengkonsumsinya dalam kondisi segar. Adapun dalam bentuk alternatif olahan, tidak termasuk didalamnya.

Dalam penelitian, terungkap mantan perokok yang mengkonsumsi tomat dan buah-buahan, terutama apel, mengalami penurunan yang lebih lambat selama periode 10 tahun. Hal ini menunjukkan nutrisi yang ditemukan dalam makanan ini membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok.

"Studi kami menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah secara teratur dapat membantu menipiskan penurunan seiring bertambahnya usia, dan bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok," kata salah satu peneliti,  Vanessa Garcia-Larsen. [yy/sindonews]

 

Tags: Tomat | Paru-paru