27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Tingkatkan Kesuburan dengan Mandi Air Dingin

Fiqhislam.com - Berapa banyak dari Anda yang lebih senang mandi air dingin ketimbang air hangat? Mandi air dingin tak hanya memicu semangat di pagi hari, tapi juga memiliki banyak manfaat sehat yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.
 
Tingkatkan Kesuburan dengan Mandi Air DinginMandi air dingin mungkin ritual favorit Anda. Tetapi, sangat sedikit yang menyadari manfaat kesehatan mandi air dingin.
 
Sebelum banyak dokter dapat menyembuhkan beragam penyakit dengan obat-obatan medis, hidroterapi (rehabilitasi yang dilakukan di dalam air) sangat populer untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan, Charles Darwin pernah menyebarkan terapi air dingin yang sekarang banyak digunakan untuk perawatan spa di seluruh dunia.
 
Mandi air dingin dapat menyembuhkan banyak penyakit dengan meningkatkan aliran darah dan sistem kekebalan tubuh kita. Berikut manfaat di balik mandi air dingin yang menyegarkan, sebagaimana dilansir Boldsky.
 
Meningkatkan sirkulasi darah
 
Manfaat pertama dari mandi air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah. Penerapan suhu dan mekanis dari air ke kulit menyebabkan gerakan yang berkesinambungan atau mengalirnya darah sehingga rangsangan sistim saraf ini bisa mempengaruhi hampir semua bagian tubuh.
 
Peningkatan sirkulasi darah sangat penting bagi kesehatan jantung. Mandi air dingin yang dapat merangsang sistem peredaran darah ini pun dapat membuat Anda terlihat muda dan segar.
 
Meredakan stres dan depresi
 
Seperti dibuktikan oleh penelitian di Departemen Radiasi Onkologi di Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi air dingin merangsang titik biru otak, yang merupakan sumber utama noadrenaline. Noadrenaline merupakan bahan kimia yang membantu mengurangi depresi pada manusia. Jadi, mandi air dingin bisa Anda lakukan setiap kali stres atau merasa depresi. Anda pun dapat segera merasa lebih baik tanpa harus membayar obat-obatan untuk menyembuhkannya.
 
Meningkatkan imunitas
 
Penelitian membuktikan bahwa hidroterapi dengan air dingin yang dilakukan secara teratur telah memperlihatkan peningkatan signifikan dalam memerangi sejumlah penyakit. Manfaat terapi air ini ialah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Menjaga kulit dan rambut sehat
 
Air dingin mendetoksifikasi bahan kimia berbahaya dari kulit kita. Ini merupakan fakta yang diketahui bahwa air panas membuka kutikula dan pori-pori, sementara air dingin tidak hanya sebaliknya. Jika kutikula dan pori-pori tertutup, maka hampir tidak ada akumulasi kotoran di dalamnya. Dengan demikian membuat kulit lebih bersih dan bebas jerawat.
 
Mandi air dingin tidak hanya membuat rambut kita terlihat lebih bersinar, tapi juga mencegah rambut rontok dan ketombe karena menutup kutikula di kulit kepala kita.
 
Meningkatkan kesuburan
 
Mandi air dingin secara teratur dapat membantu mengatur sistem endokrin dan mempromosikan sekresi hormon. Sebaliknya, mandi air panas meningkatkan suhu pada testis yang menyebabkan penurunan jumlah sperma. Karena itu, mandi air panas terus- menerus selama beberapa hari dapat berfungsi sebagai metode kontrasepsi alami.

okezone.com