21 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 27 Oktober 2021

basmalah.png

Olive Oil Perkecil Risiko Serangan Jantung

Fiqhislam.com - Ilmuwan telah mengklaim, olive oil baik bagi jantung. Berdasarkan penelitian, dua sendok makan olive oil bisa membunuh hampir setengah risiko kematian akibat penyakit jantung. Rata-rata satu sendok makan dapat mengurangi risiko sebanyak 28 persen.

Olive Oil Perkecil Risiko Serangan JantungHasil tersebut berdasarkan pola makan hampir 41 ribu orang dewasa di European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition, yang dimulai 20 tahun lalu.

Sedangkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, olive oil tidak muncul sebagai obat untuk mengurangi kematian akibat kanker, tapi ada dampak besar terhadap angka kematian akibat penyakit jantung. Olive oil bisa didapatkan dari ikan, buah serta sayuran.

"Temuan ini sangat signifikan. Ini mengkonfirmasi bahwa olive oil baik untuk kesehatan jantung," ujar Dr Charles Knight dari British Cardiovascular Society.

Olive oil kaya kan lemak tunggal tak jenuh dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sepanjang masa studi, tak sampai 2 ribu partisipan meninggal, termasuk 956 yang menderita kanker dan 416 penderita penyakit jantung.

Data menunjukkan, korban yang meninggal karena penyakit jantung adalah mereka yang mengonsumsi sedikit olive oil. Mereka yang berhasil melewati masa studi, berhasil melampaui 29 gram atau lebih (sekitar dua sendok makan) olive oil.

metrotvnews.com