30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Usus Buntu Bisa Terjadi ketika Sering Makan Biji Cabai Berlebihan

Usus Buntu Bisa Terjadi ketika Sering Makan Biji Cabai Berlebihan


Fiqhislam.com - Banyak pro dan kontra jika makan biji cabai sebabkan usus buntu. Ahli gizi membenarnya, bahwa seseorang yang berlebihan konsumsi biji cabai dapat mengalami infeksi usus tersebut.

Apalagi, seiring viralnya kabar anak perempuan kena usus buntu setelah makan seblak. Biji cabai ramai dibicarakan menjadi salah satu penyebabnya.

Ahli Gizi Prof Hardinsyah, MS mengatakan, bila seseorang dominan konsumsi biji cabai mungkin rentan menderita infeksi usus. Tapi tidak serta merta langsung terjadi sesaat setelah makan biji cabai.

Kalau Anda makan cabainya, tidak sebabkan usus buntu. Sebab, cabai mengandung tinggi vitamin C yang baik untuk melawan penyakit infeksi.

"Cabai boleh dimakan dan aman. Tapi kalau bijinya kasar bisa sebabkan infeksi usus buntu," kata Prof Hardinsyah saat dihubungi Okezone, Rabu (11/10/2017).

Sama halnya dengan biji dari jambu, bila dikonsumsi berlebihan dapat memicu usus buntu. Tapi kalau Anda mengonsumsi dalam porsi biasa masih dianggap aman.

Semua jenis makanan masuk lewat usus dan sulit dicerna. Jadilah biji tersebut menumpuk di dalam usus karena tidak dapat dicerna dengan baik.

"Kalau makan banyak buah berbiji atau biji cabai seperti itu bisa sebabkan usus buntu. Tapi awalnya seorang penderita usus buntu itu punya riwayat infeksi penyakit di bagian usus," bebernya.

Sementara itu, seblak merupakan makanan yang identik dengan rasa yang sangat pedas. Untuk bahan dasarnya yakni kerupuk basah bertekstur kenyal.

Saat ini, seblak termasuk makanan tradisional dari Tanah Sunda yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Prof Hardinsyah mengatakan, pada dasarnya makanan kenyal ini tidak sebabkan usus buntu, kecuali jika mengandung zat berbahaya lainnya.

"Makanan yang mengandung boraks sangat bisa menyebabkan infeksi usus. Tapi terjadinya tidak mendadak, sebelumnya pasien punya riwayat infeksi usus lebih dulu," pungkasnya. [yy/okezone]

 

Tags: Usus Buntu | Cabai