fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

Kafein Baik untuk Kekuatan Otot Manula

Fiqhislam.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kafein memiliki manfaat menguatakan otot-otot para manula.

Kafein Baik untuk Kekuatan Otot ManulaKandungan dalam kafein dipercaya memberi kekuatan sehingga menimalisir manula terjatuh dan cedera karena otot mereka yang sudah berumur.

Menurut laporan yang dijadwalkan akan dipresentasikan pada pertemuan Society for Experimental Biology itu, kafein membantu otot manula untuk menghasilkan kekuatan lebih. Seperti dikutip huffingtonpost.co.uk.

Dalam sebuah pernyataan, para peneliti menemukan bahwa kafein terus meningkatkan kinerja otot dalam dua otot milik dua tikus berbeda yang dijadikan percobaan. Meskipun memang tidak sangat efektif.

Para peneliti mengisolasi otot dari tikus mulai usia remaja hingga lanjut usia. Kinerja mereka kemudian diuji sebelum dan setelah pemberian kafein. Mereka mengamati dua otot rangka berbeda, yaitu otot-otot dapat mengontrol secara sukarela.

Yang pertama adalah diafragma, otot inti yang digunakan untuk respirasi, yang kedua adalah otot kaki disebut ekstensor digitorum longus (EDL), yang digunakan untuk bergerak.

Jason Tallis, penulis utama studi itu mengatakan, "Meskipun efek yang berkurang pada orang tua, kafein mungkin masih memberikan kinerja yang meningkatkan manfaat."

Sedangkan sebaliknya, efek kafein sangat kecil manfaatnya untuk otot para remaja. Kafein tidak memiliki efek meningkatkan yang lebih pada otot yang masih berkembang.

inilah.com