27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Dokter Tegaskan tak Ada Makanan yang Mengandung Semua Gizi

Dokter Tegaskan tak Ada Makanan yang Mengandung Semua Gizi


Fiqhislam.com - Makanan kemasan terkadang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Pastikan di dalam makanan kemasan yang Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan makronutrien dan mikronutrien.

Ahli gizi dr Juwalita Surapsari M.Gizi, SpGK, mengatakan seseorang membutuhkan karbohidrat, vitamin, protein, lemak ditambah sedikit asupan gula dan garam. Oleh karenanya asupan makanan yang beragam menjadi penting.

"Variasikan makanan. Ingat apakah makanan yang kita konsumsi sesuai kebutuhan makronutrien dan mikronutrien kita," kata Juwalita kepada Republika.co.id di Jakarta.

Kendati demikian, ia menegaskan tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Karena masing-masing memiliki nutrisinya sendiri-sendiri.

"Tidak ada satu pun makanan yang super, mengandung semua zat gizi. Ada kelompok pangan tertentu misalnya yang sudah mengandung mikronutrien," ucapnya.

Semisal susu, memang dianggap sebagai sumber lengkap kandungan makronutrien dan mikronutrien. Namun tentu saja, tak semua kebutuhan nutrisi terpenuhi hanya dengan mengonsumsi susu.

"Pangan yang dianggap kaya itu susu. Ada kombinasi vitamin B, K, Kalsium yang berperan untuk pertumbuhan. Lalu B12 untuk metabolisme tubuh, menghasilkan energi," tutur Juwalita. [yy/republika]

 

Tags: Gizi | Makanan | Dokter