24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Merusak Ginjal

5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Merusak Ginjal


Fiqhislam.com - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dalam tubuh dan wajib dijaga kesehatannya. Namun ada beberapa kebiasaan yang sering tidak disadari malah merusak kesehatan ginjal.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal seperti yang dikutip dari Boldsky.

1. Sodium
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung tinggi sodium dapat merusak ginjal secara perlahan. Sebab, residu hasil pencernaan sodium dapat mengkristal dan mengendap di dalam ginjal. Bila keadaan ini tidak disadari terlalu lama, kristal yang mengendap ini dapat merusak fungsi ginjal.

2. Mengkonsumsi obat anti sakit dalam jangka panjang
Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit yang tidak mengandung steroid dapat menyebabkan gagal ginjal. Bahkan dalam beberapa kasus, mengkonsumsi obat pereda rasa sakit nonsteroid dapat menghentikan fungsi ginjal sama sekali.

3. Mengkonsumsi daging terlalu sering
Makan daging setiap hari, meski dalam porsi sedang dapat merusak ginjal. Sebab daging mengandung banyak protein yang menghasilkan asam dalam pencernaan. Keadaan ini disebut Asidosis. Jumlah asam yang terlalu banyak ini dapat merusak fungsi ginjal.

4. Mengkonsumsi terlalu banyak soda diet
Hasil penelitian mengemukakan, soda diet nerupakan medium yang paling besar berkontribusi dalam penambahan jumlah kalori dalam tubuh. Kalori ini bila tidak diolah atau dibakar akan mengendap dan merusak ginjal.

5. Kurang minum air putih
Kurang minum air putih dalam sehari saja dapat memperberat kerja ginjal dalam mencerna makanan. Hingga saat ini air putih adalah zat yang paling baik untuk mengurai dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Meski begitu, minum air putih ini dapay merusak ginjal ketika dikonsumsi saat ginjal sudah berada dalam masalah. Karena itu, minumlah air putih sebelum ada kerusakan ginjal. [yy/tempo]

 

Tags: Ginjal