16 Dzulhijjah 1442  |  Senin 26 Juli 2021

basmalah.png

Pioglitazone Tingkatkan Risiko Kanker Kandung Kemih

Fiqhislam.com - Sebuah penelitian teranyar yang dilakukan di Kanada menyebutkan, Pioglitazone, salah satu obat yang sering diresepkan untuk pasien penderita diabetes tipe 2, ternyata dapat meningkatkan risiko kanker kendung kemih.

Pioglitazone Tingkatkan Risiko Kanker Kandung KemihKesimpulan tersebut didapatkan dari hasil studi yang melibatkan lebih dari 2,6 juta pasien dengan melihat hasil dari review sistematis dan uji analisis dari uji klinis dalam penelitian obeservasional.

"Kami mengamati peningkatan risiko kanker kandung kemih yang terkait dengan penggunaan Thiazolidinediones," tulis Jeffrey Johnson dari School of Public Health, University of Alberta, seperti yang dikutip dari situs Zeenews, Rabu (4/7).

Menurut Johnson, secara khusus penggunaan Pioglitazone dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kandung kemih yang didasarkan pada estimasi yang diperoleh dari tiga studi sebelumnya yang melibatkan lebih dari 1,7 juta orang.

Kanker kandung kemih sebagian besar berasal dari pertumbuhan sel transisional pelapis dinding kandung kemih yang tidak terkendali. Secara umum, terdapat beberapa gejala kanker kandung kemih, di antaranya adanya darah dalam urin (hematuria), munculnya rasa terbakar atau rasa nyeri ketika buang air kecil, atau munculnya desakan untuk buang air kecil dalam waktu yang singkat.
 
Sebagai informasi, Thiazolidinediones termasuk Pioglitazone yang diperkenalkan pada akhir 1990-an, juga dikenal sebagai Glitazones, kelas obat yang digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2.

mediaindonesia.com