24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

Cara Aman Konsumsi Obat Maag saat Puasa

Fiqhislam.com - Para penderita penyakit maag seringkali khawatir saat menjalankan ibadah puasa.

Cara Aman Konsumsi Obat Maag saat Puasa Sakit maag disebabkan oleh gangguan pada lambung, akibat tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Kondisi ini menimbulkan gejala tidak nyaman seperti perut kembung, perih, mual, dan bersendawa secara sering.

Mereka yang menderita maag biasanya disarankan untuk menjalani pola makan yang teratur. Seperti tiga kali sehari tanpa menunda jadwal makan, ditambah dengan selingan makanan kecil. Pada dasarnya penderita maag bisa menjalani puasa dengan aman. Terlebih jika penyakit maag tersebut hanya berupa gangguan fungsional dan masih dalam tahapan ringan.

Selain menjaga pola makan saat sahur dan berbuka, para penderita maag juga diberikan resep obat tertentu agar puasa tetap berjalan dengan lancar. Meski obat tersebut memiliki dosis yang sangat aman, namun sebaiknya diperhatikan mengenai penggunaannya.

Jika dokter telah meresepkan obat yang hanya digunakan sekali dalam sehari, misalnya seperti omeprazol atau lansoprazol, sebaiknya diminum pada malam hari sebelum tidur. Hal tersbeut dikarenakan, saat tertidur, lambung akan berhenti bekerja sehingga obat mudah larut dan bekerja secara efektif keesokan harinya.

Sedangkan obat maag yang lazimnya diberikan sehari dua kali, misalnya ranitidin atau famotidin, maka hendaknya dipilih saat malam hari sebelum tidur dan pada waktu makan sahur. Bukan tanpa alasan, asam lambung mencapai kadar paling tinggi pada saat dini hari, sehingga sebaiknya diminum malam hari untuk mencegah kenaikan asam lambung berlebihan.

mediaindonesia.com