27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Garam Tingkatkan Risiko Kanker Perut

Fiqhislam.com - Mengurangi tingkat kadar garam dalam makanan yang dikonsumsi dapat menurunkan risiko kanker perut.

Garam Tingkatkan Risiko Kanker Perut Demikian kesimpulan lembaga penelitan kanker (WCRF) di Inggris. Berdasarkan data WCRF, satu dari tujuh kasus kanker perut dapat dicegah asal seseorang melakukan diet terpadu dalam kesehariannya.

Kepala informasi WCRF Kate Mendoza mengatakan terlalu banyak asupan garam sangat buruk bagi tekanan darah dan juga bisa memicu sakit jantung, stroke, atau kanker.

Batas maksimal asupan garam yang dianjurkan dalam sehari adalah 6 gram atau sekitar satu sendok teh penuh. Saat ini, berdasarkan pengamatan WCRF, rata-rata orang di dunia mengonsumsi 8,6 gram per hari.

Di Inggris, lanjut Mendoza, ada sekitar 6 ribu kasus kanker perut setiap tahunnya. WCRF mengestimasi itu bisa dipotong hingga 14 persen bila masyarakat melakukan diet garam hingga 6 gram per harinya.

"Kanker perut adalah salah satu yang dapat cepat diobati, tapi karena kebanyakan dari kasus ini tidak terdeteksi hingga penyakit tersebut kronis," kata Mendoza.

Untuk membantu diet garam tersebut, WCRF menganjurkan Departemen Kesehatan Inggris membuat aturan yang memerintah produsen makanan mencantumkan label kadar garam. Misalnya, kata Mendoza, dengan warna indikator-merah untuk tinggi, kuning untuk menengah, dan hijau untuk kadar rendah.

mediaindonesia.com